Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita JabarObjek Wisata Situ Gede di Kota Tasikmalaya Pasca Revitalisasi Jadi Penguat Ekonomi

Objek Wisata Situ Gede di Kota Tasikmalaya Pasca Revitalisasi Jadi Penguat Ekonomi

harapanrakyat.com,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu telah meresmikan revitalisasi dan penataan Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengharapkan, upaya penataan dan revitalisasi Situ Gede mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar yang akan menjadi destinasi wisata alam.

Sebab, lanjut Ridwan Kamil, kondisi Situ Gede sebelum revitalisasi kurang tertata. Terlebih, kata gubernur, jika nanti Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) sudah rampung, maka akan memudahkan masyarakat luas berkunjung ke Tasikmalaya, khususnya ke Situ Gede.

Baca Juga : Objek Wisata di Kabupaten Bandung Masih Banyak Belum Berizin

“Situ Gede ini menjadi penguat ekonomi pariwisata bagi Tasikmalaya. Pemkot Tasikmalaya harus membuat kawasan ini senyaman mungkin, aman, dan banyak aktivitas ekonomi,” ungkap Ridwan Kamil di Kota Bandung, Senin (16/1/2023).

Mengenai Tol Cigatas resmi telah beroperasi, ungkap Ridwan Kamil, akan menambah kemudahan akses menuju kawasan wisata itu. Sebab, rencananya exit tol Cigatas berada di wilayah Tasikmalaya.

Sebagai informasi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan objek wisata Situ Gede setelah upaya penataan dan revitalisasi pada Sabtu (14/1/2023). Ia mengharapkan, dengan peresmian tersebut, Situ Gede dapat menjadi destinasi wisata.

Ridwan Kamil pun mengaku optimistis, wajah baru Situ Gede di Kecamatan Mangkubumi itu akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan ekonomi masyarakat.

Gubernur mengakui, masyarakat luas sudah mengenal objek wisata Situ Gede. Akan tetapi, dulunya kondisi Situ Gede kurang tertata.

Untuk itu, Pemprov Jawa Barat menetapkan penataan Situ Gede menjadi salah satu program strategis provinsi yang diamanatkan penataannya kepada Dinas Sumber Daya Air Jabar.

Saat ini, revitalisasi dan penataan Situ Gede tahap pertama sudah rampung seluas 2.800 meter persegi.

Baca Juga : Mangkubumi Park Tasikmalaya, Objek Wisata Beragam Wahana

“Revitalisasi dan penataan kawasan Situ Gede akan dilanjutkan di tahap dua hingga seluruhnya rampung. Ini belum selesai baru tahap satu. Kita akan anggarkan lagi sampai seluruhnya selesai,” tuturnya.

Libatkan Investor di Situ Gede

Penataan dan revitalisasi Situ Gede, kata Ridwan Kamil, bertujuan untuk konservasi, memelihara ekosistem alami dan ekologi, serta meningkatkan citra kawasan.

Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil juga mengusulkan Pemkot Tasikmalaya mengundang investor di kawasan Situ Gede itu. Keterlibatan investor ini untuk mendukung pembangunan fasilitas lain di Situ Gede, seperti pembangunan tempat penginapan.

“Kalau ada penginapan di kawasan Situ Gede, mungkin kedepannya akan banyak wisatawan yang berkeinginan menginap di area Situ Gede sembari menikmati keindahan alam Situ Gede,” tuturnya. (Ecep/R13/HR-Online)