Rabu, Februari 8, 2023
BerandaTeknologiAplikasiWidget Google Search Hilang, Begini Cara Memunculkannya Lagi

Widget Google Search Hilang, Begini Cara Memunculkannya Lagi

Widget Google Search hilang atau mendadak tidak muncul, seringkali membuat pengguna smartphone kebingungan. Tidak perlu khawatir, karena widget Google Search dapat dimunculkan kembali. Bahkan tampilannya juga bisa Anda ubah sesuai dengan keinginan, berikut tutorial HP selengkapnya.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Google di HP Android, Mudah dan Praktis!

Cara Mudah Mengembalikan Widget Google Search Hilang

Di era digital seperti saat ini, hampir semua produk smartphone menyediakan fitur widget Google Search. Sebagai aplikasi yang banyak masyarakat pakai untuk kebutuhan googling.

Maka produsen ponsel pintar membantu pengguna untuk mendapatkan akses lebih cepat, tanpa perlu membuka browser.

Apalagi belakangan ini Google turut menghadirkan fitur “OK Google”. Sehingga googling hanya perlu mengucapkan kata atau kalimat, sambil menekan mikrofon widget untuk memperoleh informasi.

Mengembalikan Widget Google Search di Ponsel Android

Namun, kemudahan akses tersebut seringkali menemui kendala. Salah satunya yakni widget Google Search hilang secara tiba-tiba.

Untuk memunculkan kembali widget ke layar utama sebenarnya sangat mudah. Meski begitu, masih banyak yang belum memahami caranya.

Agar semakin memahami dan bisa mempraktikkan sendiri ketika kendala serupa terjadi pada smartphone Anda, langsung saja simak cara menampilkan kembali widget Google Search hilang berikut ini.

  1. Pertama, pastikan perangkat smartphone sudah menyala.
  2. Setelah itu, tahan atau cubit layar menggunakan dua jari. Umumnya cara ini berbeda-beda tergantung tipe dan merek smartphone Anda.
  3. Apabila sudah muncul tampilan Widget pada layar utama, silahkan cari tap Google. Setiap perangkat menyediakan dua jenis widget serupa yakni Feed dan Google.
  4. Lanjutkan dengan memilih jenis Google.
  5. Tahan dan tarik widget Google Search yang tadinya hilang, kembali ke menu utama.
  6. Jika prosesnya berhasil, maka widget Google Search akan muncul lagi di layar. Anda bisa langsung menggunakannya dengan cepat dan mudah untuk berbagai kebutuhan.

Apabila letaknya kurang sesuai atau justru membuat layar semakin penuh. Anda bisa mengaturnya dengan membuka menu home screen. Setelah itu, tekan dan tahan fitur widget lalu atur posisinya sesuai selera.

Untuk mengatur tata letak widget ini, caranya juga cukup mudah. Anda hanya perlu membuka, kemudian tekan dan tahan widget tersebut. Lalu drag dan lakukan pengaturan posisi sesuai yang Anda inginkan, setelah itu barulah lepaskan jari.

Baca Juga: Tidak Bisa Update Aplikasi di Play Store, Begini Cara Mengatasinya

Mengembalikan Widget Google Search di HP iPhone

Selain ponsel pintar besutan Android, widget Google Search hilang juga kerap terjadi di iPhone. Pada dasarnya, cara memunculkan fitur ini agar kembali di layar utama sama dengan Android.

Namun, fitur Google Search hanya bisa Anda temui di iPhone dengan versi iOS 14. Supaya lebih jelas, silahkan ikuti langkah mudahnya berikut ini.

  1. Pertama sentuh beberapa saat pada layar utama.
  2. Di bagian kiri atas, klik menu Tambahkan.
  3. Lanjutkan dengan mencari fitur Google, kemudian klik pada aplikasi tersebut.
  4. Untuk mengatur ukurannya, Anda bisa menggeser ke kiri atau kanan.
  5. Klik Tambahkan Widget, maka tampilannya akan langsung kembali ke layar utama.

Setelah memahami cara memunculkan kembali widget Google Search hilang dari layar utama. Langkah berikutnya yakni mengubah tampilan widget tersebut.

Cara ini bersifat opsional dan bisa Anda pakai jika merasa bosan dengan tampilan yang monoton. Berikut informasi lengkap yang bisa Anda praktikkan sendiri.

Baca Juga: Cara Mengatasi Google Keeps Stopping untuk Semua Perangkat Android

  1. Pertama buka aplikasi Google di perangkat smartphone Anda.
  2. Setelah tampil menu utama, lanjutkan dengan memilih menu More. Anda juga bisa klik titik 3 horizontal, tepat di sebelah kanan bawah layar.
  3. Maka akan muncul beberapa opsi, silahkan klik menu Customize Widget.
  4. Desain dan gaya custom yang bisa Anda pilih tersedia banyak sekali. Silahkan kreasikan sesuai dengan selera dan kebutuhan pribadi.
  5. Jika sudah menemukan desain yang cocok, selanjutnya klik tombol Done. Biasanya tombol ini berada di sebelah pojok kanan atas.
  6. Simpan perubahan dan selesai. Tampilan widget di layar utama smartphone Anda akan berubah semakin menarik!

Nah, itu tadi ulasan tentang cara menampilkan kembali widget Google Search hilang. Lengkap dengan langkah mudah mengubah tampilan widget agar semakin menarik dan tidak monoton. Semoga tutorial ini bisa membantu Anda mengakses Google Search secara praktis. (R10/HR-Online)