Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TasikmalayaWisata Curug Cimanintin Tasikmalaya, Tempat Burung Bersarang

Wisata Curug Cimanintin Tasikmalaya, Tempat Burung Bersarang

Curug Cimanintin Tasikmalaya merupakan objek wisata air terjun yang menyimpan keindahan sebagai surga tersembunyi di daerah perbukitan. Konon, objek wisata ini bernama Cimanintin untuk menggambarkan burung-burung cimanintin yang datang dari berbagai daerah dan bersarang di sekitar air terjun.

Lokasi Curug Cimanintin berada di Kampung Joho, Desa Tanjungsari, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, wisatawan harus mengambil rute dari pusat kota menuju Cikatomas. Setelah melewati perkebunan karet, maka akan ada gerbang menuju Curug Cimanintin.

Trekking menuju area air terjun pun lumayan jauh dari penitipan kendaraan. Oleh karena itu, ada baiknya wisatawan mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman karena akan berjalan kaki cukup lama. Berikut ulasan seputar Curug Cimanintin Tasikmalaya.

Baca Juga: Curug Gado Bangkong Tasikmalaya, Wisata Misteri Katak Raksasa

Objek Wisata Curug Cimanintin Tasikmalaya

Melihat jalur trekking menuju air terjun, sudah cukup banyak wisatawan yang pernah berkunjung. Sayangnya, fasilitas warung, toilet, dan musholla masih sangat terbatas sehingga ada baiknya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Pesona Air Terjun Cimanintin

Objek wisata Curug Cimanintin Tasikmalaya memiliki daya tarik dari pesona air terjun dan pemandangan alamnya yang masih asri. Setelah melalui jalur trekking yang cukup menantang, suara air terjun sudah bisa terdengar dari jarak radius 200 meter. Sementara untuk ketinggian air terjun bisa mencapai 120 meter menurut warga sekitar.

Di bawah air terjun ada telaga yang bisa untuk berenang. Air di telaga tampak jernih, namun sangat dingin. Bagian bawah telaga pun membentuk air terjun kecil, yang kembali mengalir di sekitar bebatuan.

Baca Juga: Curug Putih Tasikmalaya, Air Terjun Tempat Penyucian Diri

Eksplorasi Tebing di Belakang Curug

Tak hanya menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga bisa melakukan berbagai hal menarik seperti bermain air dan berjalan mengitari tebing. Di belakang air terjun terdapat tebing yang menjadi spot foto favorit bagi para wisatawan. Namun, perlu berjalan dengan hati-hati karena permukaan tebing agak licin.

Menurut warga sekitar, nama objek wisata Curug Cimanintin Tasikmalaya memiliki makna air terjun bagi burung meninting atau disebut “manintin” dalam bahasa Sunda. Burung meninting suka membuat sarang pada celah bebatuan yang lembab, khususnya di tepi sungai atau akar pohon. Hingga kini, kawasan curug tersebut dipercaya sebagai habitat burung meninting. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)