Minggu, Maret 26, 2023
BerandaBerita PangandaranHari Peduli Sampah Nasional, Pantai Batu Hiu Pangandaran Dibersihkan

Hari Peduli Sampah Nasional, Pantai Batu Hiu Pangandaran Dibersihkan

harapanrakyat.com,- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemkab Pangandaran, wisatawan dan warga melakukan aksi bebersih sampah di Pantai Batu Hiu Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran Trisno mengatakan, dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, pihaknya menggelar aksi pungut sampah. Target lokasi dalam aksi kali ini adalah Pantai Batu Hiu. Selain memungut, tapi juga memilahnya antara sampah organik dan non organik.

“Selanjutnya sampah tersebut dibawa dan ditimbang oleh pihak panitia penyelenggara. selanjutnya sampah akan disetorkan ke Bank Sampah,” katanya.

Selain melakukan aksi pungut sampah, Pemkab Pangandaran juga melakukan lomba fashion show. Uniknya, bahan busananya terbuat dari limbah daur ulang sampah.

“Agar lebih meriah kita juga adakan acara fashion show yang tentunya bahan pakaiannya terbuat dari bahan daur ulang sampah,” ungkapnya.

Baca Juga: RSUD Pandega Pangandaran Juara Nasional Lomba Video Code Blue Pirselnas VII

Pihaknya berharap aksi seperti ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih.

“Jangan buang sampah sembarangan. Kita sudah siapkan tempat sampah di beberapa titik di pantai ini. Bersih itu indah,” tambahnya.

Penanggulangan sampah di Pangandaran bukan tanggung jawab pemerintah semata. Namun masyarakat dan para wisatawan harus bersinergi dan menjadi tanggung jawab semua. Agar Pangandaran sebagai daerah wisata tetap bersih dan sehat.

“Semoga momen peringanan Hari Peduli Sampah Nasional ini dapat memotivasi masyarakat untuk peduli sampah. Tetap membuang sampah ke tempat yang sudah kami sediakan,” pungkasnya. (Enceng/R9/HR-Online/Editor-Dadang)