Senin, Mei 29, 2023
BerandaBerita TerbaruInterior Rumah Bergaya Belgian, Sederhana Tapi Banyak Diminati

Interior Rumah Bergaya Belgian, Sederhana Tapi Banyak Diminati

Interior rumah bergaya Belgian memang tampak sederhana. Meski sederhana, rumah dengan interior bergaya Belgian ini terlihat mewah. Bahkan, banyak orang yang suka dengan gaya desain interior ini.

Desain rumah ala Belgia ini memang berbeda dengan gaya Jepang yang mengutamakan kesederhanaan untuk menuju ke hunian sempurna. 

Akan tetapi, desain ala Belgia lebih ke gaya sederhana namun menonjolkan kesan yang mewah dan menarik perhatian.

Meskipun mengutamakan kemewahan, desain interior ini tidak mengesampingkan masalah keamanan dan kenyamanan penghuni rumah tersebut.

Baca Juga: Desain Interior American Classic Style, Inspirasi Rumah Mewah

Ide Desain Interior Rumah Bergaya Belgian

Ada berbagai macam ide yang perlu Anda terapkan pada saat ingin mengadopsi interior rumah bergaya Belgia ini. Anda juga tidak perlu bingung dalam mengaplikasikannya. Sebab, pengaplikasian desain interior dengan gaya ini cukup mudah Anda terapkan. 

Berikut ini adalah ide yang bisa Anda gunakan untuk desain interior rumah bergaya Belgian.

Tidak Terlalu Banyak Barang

Desain interior rumah bergaya Belgian juga harus tampak bersih dan rapi. Maka dari itu, supaya bisa tetap rapi cobalah untuk tidak menumpuk banyak barang yang tidak diperlukan. 

Sebab, kesederhanaan menjadi prinsip utama dari gaya interior rumah ini. Jika Anda ingin menerapkan gaya rumah Belgia untuk rumah hunian Anda, maka mulailah dengan membuang barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Supaya rumah Anda bisa terlihat lebih rapi, lapang, dan juga bersih.

Interior rumah dengan berbagai barang yang menumpuk-numpuk tentunya akan menjadikan ruangan tampak berantakan dan tidak bisa tertata rapi. Gunakan barang seperlunya saja.

Baca Juga: Ruang Tamu Bohemian, Perpaduan Berbagai Konsep Menarik

Gunakan Material Organik

Ciri khas dari interior rumah dengan gaya ala Belgia ini yaitu bisa kita lihat dari penggunaan materialnya. Biasanya, interior rumah dengan gaya Belgia akan menerapkan bahan organik. Mulai dari seperti, kayu, batu alam, granit, hingga keramik.

Bahan-bahan tersebut biasanya akan mereka terapkan dengan pada lantai atau dinding rumah yang mengusung gaya Belgian.

Material yang alami tersebut bisa memberikan aksen yang sangat halus.Dengan begitu, konsep desain interior Belgia ini bisa menjadi terasa lebih sempurna.

Penggunaan Furniture Berukuran Besar

Ciri khas yang sangat mendominasi desain rumah dengan gaya Belgia ini yaitu penggunaan ukuran furnitur yang besar. Nah, furniture yang besar ini juga harus tetap menggunakan material linen sebagai karakteristik utama gaya Belgia.

Pada saat Anda menerapkan furniture besar seperti sofa, maka Anda bisa melapisi sofa besar tersebut dengan menggunakan kain linen.

Namun harus Anda ingat, penggunaan furnitur besar ini juga harus Anda sesuaikan dengan tipe dan ukuran rumah. Furniture oversize ini hanya bisa Anda terapkan pada sebuah ruang yang memang bisa untuk menampung banyak orang, seperti pada ruang tamu yang lapang.

Dengan demikian, konsep gaya desain interior Belgia ini bisa memberikan kenyamanan yang maksimal tanpa harus meninggalkan kenyamanan dan kesederhanaan.

Pilih Warna Netral yang Sesuai

Karakteristik dari interior rumah bergaya Belgian selanjutnya yaitu penggunaan warna netral pada rumah. Sebab, warna-warna yang netral bisa menciptakan kesan yang lebih sederhana namun terasa mewah dan hangat.

Harus Anda pahami juga, jika tidak semua warna yang netral bisa Anda terapkan pada gaya rumah ala Belgia ini. Warna netral yang cocok untuk Anda terapkan yaitu warna netralnya kayu atau warna batu alam.

Baca Juga: Konsep Rumah Shabby Chic, Ciptakan Desain Interior Elegan

Memanfaatkan Pencahayaan Alami

Pencahayaan adalah salah satu hal yang penting sekali Anda perhatikan dalam menerapkan desain interior rumah gaya apapun, termasuk gaya Belgia ini. Nah, cahaya yang harus ada dalam gaya rumah ini yaitu pencahayaan alami.

Usahakan ada sinar matahari yang bisa langsung masuk ke ruangan rumah Anda. Sebab, sinar matahari langsung bisa menjadikan rumah menjadi terlihat lebih estetik. Selain itu, rumah juga bisa terlihat lebih lembut, hangat, dan lebih menarik. 

Pencahayaan alami dari sinar matahari juga berfungsi untuk mencegah munculnya jamur pada furniture kayu yang sering digunakan untukĀ  hunian Belgia. Interior yang kemasukan cahaya alami juga tidak akan menjadi lembab.

Menariknya lagi, Anda pun juga bisa lebih banyak menghemat listrik. Sebab, tidak perlu memakai banyak pencahayaan buatan atau listrik di dalam rumah.

Dengan interior rumah bergaya Belgian ini, maka Anda bisa merasakan kenyamanan hunian yang berbeda dari biasanya. Suasana hangat dan kesan mewah nan sederhana bisa Anda rasakan. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News