Minggu, Maret 26, 2023
BerandaBerita JabarKereta Api Diesel Bandung Raya Berganti Jadi KRL

Kereta Api Diesel Bandung Raya Berganti Jadi KRL

harapanrakyat.com,- Pada 2024, kereta api Bandung raya, Jawa Barat, akan berubah menjadi Kereta Rel Listrik (KRL). Adapun perubahan feeder kereta api menjadi KRL ini untuk rute Padalarang-Bandung-Cicalengka.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Dadang Darmawan mengatakan, perubahan feeder kereta api ini akan terbagi menjadi dua tahap. Perubahan tahap pertama untuk rute Padalarang-Bandung. Sedangkan untuk tahap kedua yaitu rute Bandung-Cicalengka.

“Prosesnya (perubahan menjadi KRL) pada 2024 secara bertahap,” ungkap Dadang di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (20/2/2023).

Baca Juga : Parkir Liar Mulai Marak, Dishub Kota Bandung Segera Tertibkan

Dadang menjelaskan, transportasi publik menjadi salah satu isu penting dan strategis di Kota Bandung, termasuk kereta api. Sehingga, kata Dadang, dengan hadirnya transportasi publik yang memadai, pihaknya mengharapkan angka kemacetan di Kota Bandung dapat berkurang.

“Pada prinsipnya Pemkot Bandung sangat mendukung dan gembira akan program terkait aksesibilitas masyarakat yang akan berkunjung ke Kota Bandung,” ujarnya.

Kasubdit Fasilitas Operasi Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Ferdian Suryo menuturkan, konversi menjadi KRL ini, berpotensi meningkatkan jumlah penumpang layanan.

Ferdian bercermin pada keberhasilan konversi kereta Prameks rute Solo – Yogyakarta yang mengalami peningkatan jumlah pengguna hingga mencapai 100 persen.

Ferdian menjelaskan, 61 kereta api diesel rute Padalarang – Bandung – Cicalengka yang saat ini beroperasi bisa mengangkut hingga 45.000 penumpang per harinya.

Baca Juga : Tarif Parkir Off Street di Kota Bandung Batal Naik

“Jadi kami juga meminta kolaborasi dengan Pemkot Bandung untuk proses ke depannya,” ucap Ferdian.

Selanjutnya, pihak Pemkot Bandung akan berkoordinasi secara teknis dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub terkait konversi kereta api rel listrik ini. (Ecep/R13/HR-Online)