Senin, Maret 27, 2023
BerandaBerita TasikmalayaBanjir Sungai Cikidang Tasikmalaya: 1.500 Terendam, Puluhan Warga Terpaksa Mengungsi

Banjir Sungai Cikidang Tasikmalaya: 1.500 Terendam, Puluhan Warga Terpaksa Mengungsi

harapanrakyat.com,- Banjir luapan sungai Cikidang dan Citanduy di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (9/3/2023) merendam 1.500 rumah. Akibat bencana tersebut, puluhan warga terpaksa memilih mengungsi ke tempat lebih aman.

BPBD Kabupaten Tasikmalaya bersama pemerintah Desa mulai menyalurkan bantuan nasi bungkus dan air mineral untuk korban banjir. Bantuan diberikan salah satunya kepada pengungsi di sebuah Madrasah.

“Mayoritas korban banjir memilih tinggal di rumahnya walau tergenang air, selain sudah sering terkena banjir, banyak warga yang memilih bertahan dan belasan KK mengungsi,” Kata Kades Tanjungsari Amas di lokasi, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga: Sungai Cikidang dan Citanduy Meluap, Ratusan Rumah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Menurut Amas, ketinggian air akibat luapan sungai Cikidang dan Citanduy tersebut mencapai 80 centimeter.

“Jadi banjir hari ini sudah genangin 1.500 rumah, 1.100 KK, sebanyak belasan kepala keluarga memilih mengungsi ke rumah kerabat dan fasilitas keagamaan. Mereka berharap agar pemerintah daerah mengatasi banjir langganan yang membuat nelangsa warga,” ungkapnya.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Tasikmalaya menyalurkan bantuan logistik untuk korban banjir yang mengungsi. Selain menggunakan perahu karet, makanan berat dibawa dengan jalan kaki menerjang banjir.

“Ada 8 sampai 10 KK mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kita berikan nasi bungkus dan air mineral. BPBD mengimbau agar korban banjir bersedia dievakuasi. Karena dikhawatirkan air akan semakin tinggi jika hujan kembali melanda,” ucap Kasat Pusdalop BPBD Kabupaten Tasikmalaya. (Apip/R7/HR-Online/Editor-Ndu)