Jumat, Maret 31, 2023
BerandaBerita TerbaruHonda Astrea Prima, Kini Jadi Incaran Pecinta Roda Dua Klasik

Honda Astrea Prima, Kini Jadi Incaran Pecinta Roda Dua Klasik

Honda Astrea Prima dahulu jadi idola motor bebek pada zamannya. Namun saat ini model Honda sudah berubah, sehingga Astrea Prima jauh ketinggalan zaman. Meski demikian, pecinta motor klasik masih banyak yang naksir dan menginginkan motor pabrikan Honda ini.

Motor bebek ini memang populer pada tahun 90-an. Produknya adalah model lanjutan dari pendahulunya yakni Honda Astrea 800 serta Astrea Star. Motor bebek saat ini sudah tak terlalu populer seperti zaman dahulu.

Sebab, mulai banyak skuter matik yang lebih praktis. Untuk itu, membuat motor berkopling ini harus mengalah pada bidang penjualan.

Namun, satu hal yang motor saat ini tidak bisa ditirukan yakni gaya. Apalagi motor Honda satu ini tergolong unik hingga masih jadi incaran dengan berbagai kelebihan.

Baca Juga: Jenis Motor Listrik Honda Terbaru 2023, Cek Harga di Sini!

Motor Klasik Honda Astrea Prima, Ini Kelebihannya

Honda yang satu ini telah menemani keluarga Indonesia pada tahun 90an. Dahulu motor ini menjadi kendaraan harian dan sempat disebut ‘motor guru’. Sebab, para abdi negara yang lebih banyak menggunakan kendaraan tersebut.

Motor Astrea Prima ini adalah turunan dari model Honda Super Cub. Setelah Super Cub, lalu muncul Honda Astrea 700 dan Astrea 800. Selanjutnya muncul dengan Astrea Star. Sementara Astrea Prima menjadi yang terakhir.

Meski demikian, pada eranya, performa mesinnya sudah termasuk cukup mumpuni sebagai kendaraan harian. Saat ini modelnya sudah ketinggalan zaman. Namun, tak sedikit pecinta otomotif yang memburu motor Honda ini.

Pasalnya kini tengah marak motor baru yang memiliki teknologi canggih. Bagi sebagian orang tetap ada yang setia merawat motor lama satu ini.

Kini, tren motor lama memang telah kembali naik daun. Motor tersebut memiliki warna tersendiri di tengah munculnya motor keluaran terbaru. Tertarik dengan Honda Astrea Prima, berikut adalah kelebihannya.

Suspensi yang Empuk

Astrea Prima ini menjadi motor generasi pertama yang menyematkan fitur suspensi teleskopik pada bagian roda depan. Padahal generasi motor Honda sebelumnya masih memakai suspensi ayun.

Keunggulan dari kaki-kaki teleskopik ini salah satunya yakni saat melakukan pengereman terasa lebih nyaman daripada memakai sistem ayun.

Baca Juga: Motor Honda Air Blade 160 Saingan Yamaha Aerox

Performa Mesin Bandel

Saat itu, semua komponen pada mesin Astrea Prima ini masih mendapatkan kiriman dari Jepang. Kemudian akan melakukan perakitan di Indonesia.

Spek mesin Honda ini memiliki silinder tunggal dengan kapasitas 97 cc. Menggunakan tipe mesin 4 tak, serta OHC pendinginan udara.

Mesin Honda ini yang menghasilkan tenaga mencapai 8,9ps/8000 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya mencapai 8,9ps/8000 rpm dengan rasio kompresi 9:1.

Pada sistem pembakaran bahan bakarnya juga menggunakan karburator Keihin 16 inci. Bahkan ukuran tangki bensinnya bisa menampung sekitar 3,7 liter dan oli mesin dengan kapasitas 0,9 liter.

Electric Starter

Kelebihan Honda Astrea Prima selanjutnya yakni electric starter. Motor ini telah membekali dengan adanya tombol elektrik starter.

Dahulu belum banyak motor bebek yang menggunakan electric starter. Umumnya motor kala itu hanya mendapatkan kick starter saja, saat menyalakan motor secara manual.

Warna Klasik

Pilihan warna dari Astrea Prima memang tidak banyak. Pada waktu itu pilihan warna motor ini hanya tersedia dalam warna putih hitam atau full hitam. Pilihan warna putih hitam, hanya terdapat pada bagian body-nya.

Sementara untuk warna putih yang bisa terlihat pada bagian sayapnya. Pada tahun 1991, rilis Astrea Prima seri limited edition. Hadirnya yang menyediakan warna hitam, termasuk pada bagian sayapnya.

Baca Juga: All New Honda BeAT 150 cc, Siap Warnai Industri Otomotif!

Spesifikasi Honda Astrea Prima Lainnya

Sementara untuk spesifikasi lainnya, Astrea Prima memiliki dimensi panjang 191,5 cm, lebar 70,5 cm, dan tingginya 107,6 cm. Motor ini juga memiliki berat hingga 93 kg. Selanjutnya untuk jarak sumbu roda 123,4 cm, ukuran ban depan 2.25-17 serta belakang 2.50-17.

Sistem rem depan dan belakangnya telah menggunakan tromol. Tidak ada bagasi pada bagian bawah jok layaknya motor bebek saat ini, sehingga terpasang rak dan penjepit untuk menyimpan barang.

Selayaknya kendaraan harian, banyak yang membedakan motor ini dengan yang lain. Motor Honda ini memiliki banyak kenangan pada masa lampau dengan gaya khas. Tak heran jika para pecinta motor klasik masih memburu Honda Astrea Prima ini. (R10/HR-Online)