Jumat, Juni 2, 2023
BerandaBerita TerbaruLayar Laptop Terbalik, Berikut Beberapa Cara Mengatasinya

Layar Laptop Terbalik, Berikut Beberapa Cara Mengatasinya

Layar laptop terbalik tentunya menyebalkan. Jika mengalaminya Anda bisa mencoba cara mengatasi layar laptop yang terbalik berikut ini. Tips laptop ini tentunya sangat mudah dan efektif mengembalikan layar laptop seperti semula.

Ketika sedang menggunakan laptop, Anda mungkin tidak sengaja membalik tampilannya. Misalnya layar berputar hingga 180 derajat hingga tampilannya benar-benar terlihat terbalik. Bisa juga berputar sebanyak 90 bahkan 270 derajat sehingga miring ke kanan atau kiri.

Baca Juga: Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berfungsi dan Solusinya

Masalah ini juga bisa terjadi karena Anda menekan keyboard sembarangan secara tidak sengaja. Bisa juga karena orang lain yang memang iseng dan sengaja membalik tampilan layar. Selain itu bisa juga layar terbalik karena adanya virus atau kontak fisik dengan layar.

Layar Laptop Terbalik, Atasi dengan Cara Mudah

Kondisi layar yang tiba-tiba terbalik tentunya membuat sang pengguna merasa panik. Apalagi jika ia memang tidak mengetahui bagaimana cara membuat layar kembali normal. Layar yang terbalik tentunya juga sangat tidak nyaman dan harus segera kita kembalikan.

Sebab, dengan kondisi layar terbalik maka kita tidak bisa melihatnya dengan nyaman. Apalagi jika kita harus membaca suatu tulisan, mengetik, atau menonton sesuatu. Kegiatan menggunakan laptop pun akan sangat terganggu dengan kondisi layar seperti itu.

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, Anda tidak perlu bingung maupun risau. Sebab terdapat beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah layar terbalik tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa caranya yang bisa Anda terapkan sendiri:

Menggunakan Keyboard

Cara mengatasi layar laptop terbalik pertama yang paling mudah menggunakan tombol keyboard. Anda hanya perlu menekan tombol Ctrl + Alt + panah atas untuk memutar layar 360 derajat. Dengan begitu maka tampilan layar laptop akan kembali normal seperti biasa.

Menggunakan Display Orientation

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan Display Orientation. Pertama klik kanan pada desktop dan akan muncul beberapa menu, pilih menu “Screen Resolution”. Setelah itu maka akan muncul jendela baru dan Anda bisa memilih menu “Orientation”.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah dan Efektif

Berikutnya akan tampil menu Orientation yang menyediakan beberapa pilihan untuk Anda gunakan. Pilihan tersebut yaitu landscape, potrait, landscape (flipped), dan terakhir portrait (flipped). Pilihlah Landscape untuk membuat layar normal dan klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Mengatasi Layar Laptop Terbalik Menggunakan Intel Graphic Option

Jika Anda menggunakan laptop dengan chipset Intel maka cara ini bisa Anda coba. Caranya yaitu klik kanan dan tampilan Intel Graphic Option sudah akan muncul di layar. Berikutnya klik “Graphic Option” lalu klik “Rotate”, terakhir pilih “rotate 180 degress”.

Menggunakan Nvidia Control Panel

Cara lainnya yang bisa Anda terapkan yaitu menggunakan kartu grafis Nvidia. Anda hanya perlu memasukkan Nvidia control panel dengan cara klik kanan pada layar. Kemudian pilihlah menu “Rotate Display” dan akan muncul 4 pilihan berbeda.

Keempatnya yaitu mengembalikan layar, mengembalikan layar ke semula, membalik layar ke kiri 90 derajat. Kemudian pilihan yang terakhir yaitu membalik tampilan layar ke kanan 90 derajat. Anda bisa memilih mengembalikan layar ke semula agar layar laptop terbalik kembali normal.

Melalui System Preferences

Cara kali ini bisa Anda terapkan pada MacOs atau Macbook dari Apple. Dengan menu ini maka Anda bisa membuat layar yang terbalik kembali normal dengan mudah. Cara pertama klik Apple Menu yang memiliki logo Apple di pojok kiri laptop.

Lalu klik “System Preferences” kemudian tahan tombol “Option” dan “Command”. Berikutnya klik bagian “Displays” di System Preferences kemudian masuklah ke tab “Display”.

Anda pun bisa mengembalikan layar yang terbalik dengan mengubah menu “Rotation” menjadi “Standard”.

Melalui Software iRotate

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan iRotate yang harus Anda instal dan pasang terlebih dahulu.

Baca Juga: Laptop Mendadak Black Screen, Ini Solusi Mengatasinya

Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan masuk ke “Settings” kemudian pilihlah vendor VGA Anda. Setelah itu akan muncul beberapa opsi, pilihlah “Normal Landscape” dan tampilan layar pun akan kembali normal.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi layar laptop terbalik yang bisa dengan mudah Anda terapkan. Pilihlah cara mana yang paling mudah untuk Anda coba. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News