Jumat, Maret 31, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Tumor

Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Tumor

Manfaat buah kersen atau yang juga terkenal dengan sebutan talok sangat beragam di bidang kesehatan. Manfaat yang dimiliki buah kersen ini tak lain karena kandungan yang ada di dalamnya. Adapun kandungan buah ini mulai dari asam askorbat, serat, riboflavin, beta-karoten, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Manfaat Buah Bengkoang, Efektif untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ragam Manfaat Buah Kersen

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kersen yang menarik untuk Anda ketahui. Pastikan Anda menyimaknya baik-baik sehingga tak ada satu poin pun yang terlewat.

Menetralkan Asam Lambung

Salah satu manfaatnya yaitu bisa menetralkan asam lambung. Hal ini karena di dalam buah kersen terdapat kandungan anti-inflamasi. Menyadari hal tersebut, buah ini memang sangat sesuai bagi Anda yang kerap mengalami asam lambung.

Asam lambung yang naik akan menyebabkan sakit di bagian ulu hati. Jika sudah demikian, jelas akan menghambat rutinitas Anda setiap harinya. Selain mengatasi asam lambung, buah kersen ini juga efektif untuk mengobati penyakit GERD.

Turunkan Kadar Gula Darah

Selain menetralkan asam lambung, buah kersen juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Hal inilah yang jadi alasan kenapa para penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi buah kersen.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan karena di dalam buah terdapat zat anti-diabetes. Bahkan ada juga zat niasin yang sangat ampuh untuk mengendalikan kadar gula darah. Di sisi lain, kandungan tersebut juga berperan penting dalam mencegah hiperglikemia.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Anda merasa tidak nyenyak saat tidur atau bahkan sulit tidur? Jika iya, jangan ragu untuk mengonsumsi buah kersen. Pasalnya, jenis buah ini bisa memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Di dalam buah ini, Anda bisa temukan fitokimia yang memiliki konsentrasi tinggi. Di dalam zat tersebut, ada kandungan melatonin yang selama ini terkenal mampu mengendalikan siklus tidur.

Namun perlu Anda pahami bahwa manfaat tersebut bisa didapatkan hanya saat mengonsumsi jenis buah kersen asam saja. Ketika mengonsumsinya, Anda bisa tidur dengan nyenyak. Bahkan durasi tidurnya juga lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: Manfaat Biji Rambutan Baik untuk Kesehatan, Jangan Dibuang!

Membantu Pemulihan Setelah Olahraga

Apabila Anda hobi olahraga, maka jangan sampai melewatkan buah kersen. Mengapa demikian? Hal ini karena buah kersen ternyata mampu membantu pemulihan setelah olahraga.

Tak bisa kita pungkiri bahwa kebiasaan olahraga mampu membantu dalam menjaga kesehatan. Namun setelahnya, badan bisa terasa pegal, nyeri, dan lelah. Kondisi tersebut bisa segera Anda atasi dengan minum jus kersen asam secara rutin.

Jus tersebut bisa Anda minum sebelum maupun sesudah olahraga. Saat olahraga usai, pastinya Anda tak akan merasakan hal tidak nyaman tersebut. Walau demikian, Anda tetap harus mengimbanginya dengan istirahat secara cukup.

Penangkal Tumor

Tumor menjadi salah satu jenis penyakit yang membuat penderitanya mudah drop. Agar bisa terhindar dari penyakit tersebut, jangan ragu untuk membiasakan makan buah kersen sekarang juga karena kaya manfaat.

Buah kersen nyatanya terkenal sebagai penangkal tumor paling efektif. Di dalam buah ini terdapat kandungan yang sifatnya anti tumor.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka bukan hanya bisa menangkal tumor saja, melainkan juga mengatasinya sampai akar. Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, jangan hanya mengonsumsi buah kersen, tetapi juga daunnya secara bersamaan.

Mengatasi Hipertensi

Apabila Anda kerap mengalami hipertensi, maka bisa konsumsi buah kersen sebagai salah satu langkah penyembuhannya.

Manfaat buah kersen ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi karena terdapat kandungan nitric oxide. Zat tersebut ampuh dalam melemaskan pembuluh darah.

Saat pembuluh darah lemas, maka aliran darahnya bisa lancar ke seluruh tubuh. Secara otomatis, hal tersebut bisa mengatasi hipertensi yang Anda rasakan.

Efek Samping Makan Buah Kersen

Buah kersen terbukti bermanfaat di dunia kesehatan. Namun jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa mengalami mual, muntah, dan sakit perut.

Baca Juga: Manfaat Buah Takokak, Ampuh Obati Asam Urat hingga Stroke

Manfaat Daun Buah Kersen

Selain buahnya, daun kersen juga tak kalah bermanfaat. Di dalam daun ini terdapat kandungan alkaloid, saponin, tanin, dan flavonoid. Kandungan tersebut bisa menangkal radikal bebas sehingga berperan penting sebagai antioksidan alami.

Dari review di atas, Anda bisa tahu apa saja manfaat buah kersen. Tunggu apa lagi, pastikan Anda mengonsumsinya, namun secukupnya saja. (R10/HR-Online)