Minggu, Maret 26, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Motor Mati Saat Panas, Cari Tahu Faktornya

Penyebab Motor Mati Saat Panas, Cari Tahu Faktornya

Penyebab motor mati saat panas perlu Anda cari tahu segera. Saat dalam kondisi panas, bisa jadi penyebab motor mati secara tiba-tiba. Hal ini tentunya akan jadi kendala selama berkendara.

Terkadang kondisi motor mati tiba-tiba, bukan hanya dianggap masalah biasa saja. Masalah ini juga bisa membuat sebagian besar orang merasa frustasi. Kondisi seperti itu memberikan sebuah isyarat jika ada yang tidak beres.

Kemungkinan salah satu komponen atau sektor pada sepeda motor yang bermasalah. Jika motor mati sering terjadi, khususnya saat mesin motor panas, perlu untuk mencurigainya. Mungkin saja akan membutuhkan perbaikan secara mendalam.

Baca Juga: Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin, Ketahui Faktornya

Cari Tahu Penyebab Motor Mati Saat Panas

Motor mati tiba-tiba saat mesin panas juga dikenal dengan overheat. Kondisi ini terjadi saat mesin motor mengalami panas yang berlebihan. Overheat terjadi pada motor yang memiliki mesin dengan pendingin atau Coolant.

Namun kemungkinan komponen tersebut tidak berfungsi dengan maksimal. Kondisi motor seperti ini mengalami kehilangan tenaga saat berkendara. Kondisi overheat ini akan menyebabkan kendaraan mengalami mesin mati secara tiba-tiba.

Biasanya sensor suhu akan mengirimkan sinyal pada speedometer dengan kedipan merah.  Selain itu, mesin motor akan berbau gosong. Anda tidak bisa membiarkan motor tetap hidup.

Hal ini justru memperparah kondisi motor saat terus dipaksa berkendara. Para pengendara seringkali merasa panik saat mesin motor mati tiba-tiba. Apalagi bagi orang awam juga merasa bingung untuk mengatasinya.

Adapun beberapa penyebab motor mati saat panas adalah sebagai berikut.

Kekurangan Oli

Salah satu penyebab motor mati yakni kekurangan oli. Apalagi jika motor sering melakukan perjalanan jauh, mesin akan jadi mudah panas. Hal ini menyebabkan oli bisa keluar melalui pori-pori endapan mesin.

Kemudian jika oli mesin kurang, juga akan berakibat lemahnya piston ring. Sehingga motor tersebut akan mengeluarkan asap putih pada bagian knalpot.

Selain itu, kemungkinan akibat busi terkena oli dan membuat tidak tahan lama. Mesin yang mengakibatkan makan oli akan menjadi panas. Kemudian memicu motor yang mati secara mendadak.

Baca Juga: Cara Menyetel Karburator Motor, Simak Beberapa Urutannya Ini!

Penyebab Motor Mati Saat Panas, CDI Bermasalah

Komponen CDI juga rawan mengalami masalah. Jika kondisi motor panas, maka berakibat pada mesin yang mogok mendadak. Sebaiknya lakukan pengecekan komponen CDI tersebut masih bisa berfungsi atau tidak.

Sementara pada komponen koil kemungkinan sangat kecil mengalami kerusakan. Sebab, biasanya koil masih cukup bagus dalam kondisi ini.

Pengapian Motor Lemah

Bagian pengapian motor terkadang tidak tahan panas atau lemah. Penyebab motor mati saat panas akibat komponen spul api melemah. Kemungkinan komponen motor spul yang sudah terlalu lama.

Selain itu, bisa juga spul cacat dan beradu api antara satu dengan lainnya. Anda bisa cek dahulu kabel hitam list merah pada spul bagian bawahnya. Kemudian tempelkan kabel dan putar mesin motor dengan kick starter.

Untuk bisa memastikannya, coba cek bagian spul pada ruang pembakaran. Namun akan lebih baik pengecekan oleh ahlinya di bengkel terpercaya agar proses perbaikan kedepannya lebih mudah.

Sebaiknya Anda menghindari proses pemeriksaan ataupun melakukan pengecekan spull motor pembakaran secara mandiri. Hal ini akan mencegah terjadinya hal-hal yang lebih buruk.

Busi Bermasalah

Faktor yang menyebabkan motor sering mati saat suhu mesin naik yakni kondisi busi bermasalah. Khususnya pada bagian kepala busi yang longgar.

Sebaiknya segera ganti menggunakan busi yang baru untuk mengatasi masalah tersebut. Apalagi jika usia busi telah melampaui masa pemakaian, maka perlu menggantinya segera.

Baca Juga: Penahan Gas Motor, Fungsi Penting Cara Pemasangan Sederhana

Filter Udara Mulai Kotor

Masalah lainnya yang menjadi penyebab suhu mesin motor panas adalah filter udara bermasalah. Kondisi filter udara kotor bisa menghambat proses masuknya udara pada ruang bahan bakar.

Padahal, udara yang berfungsi untuk memaksimalkan sistem pembakaran lebih sempurna. Jika ruang pembakaran optimal, tentu potensi mesin motor mati tiba-tiba bisa Anda minimalisir.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari pemakaian bahan bakar dengan kadar oktan rendah. Sebab, hal ini bisa menjadi penyebab motor mati mendadak. Jika mengalami beberapa masalah tersebut, maka motor akan mati secara tiba-tiba. Meski sebelumnya memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum berkendara.

Jika sudah mengetahui penyebab motor mati saat panas, tentu Anda bisa mengatasinya segera. (R10/HR-Online)