Jumat, Maret 31, 2023
BerandaBerita PangandaranPilkades Serentak 2023 di Pangandaran, Dua Desa Wajib Seleksi

Pilkades Serentak 2023 di Pangandaran, Dua Desa Wajib Seleksi

harapanrakyat.com,- Delapan desa di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2023. 

Dari 8 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak, ada 2 Desa yang memiliki Bakal Calon (Balon) lebih dari 5 orang. Karena memiliki Balon lebih dari 5 orang, desa tersebut wajib mengikuti penjaringan atau seleksi terlebih dahulu.

Hal itu terungkap saat menggelar rapat koordinasi Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Pangandaran, di Krisna Beach Hotel 2, Pantai Barat Pangandaran, Kamis 16 Maret 2023.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran, Wawan Kustaman menyampaikan, sebanyak 8 desa di Kabupaten Pangandaran akan menggelar Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2023 pada 3 Mei 2023.

“Ada 8 desa yang akan menggelar Pilkades serentak yaitu Desa Pangkalan di Kecamatan Langkaplancar, Desa Sukajaya dan Ciparanti di Kecamatan Cimerak, Desa Parakanmanggu di Kecamatan Parigi. Desa Ciparakan Kecamatan Kalipucang, Desa Sukamaju dan Mangunjaya di Kecamatan Mangunjaya, serta Desa Babakan di Kecamatan Pangandaran,” katanya.

Baca Juga: Jembatan Penghubung Pantai Pangandaran dan Batu Hiu Diresmikan

Namun, lanjut Wawan, untuk Desa Pangkalan dan Desa Parakanmanggu wajib mengikuti tahapan seleksi karena Balonnya lebih dari 5 orang.

“Untuk Desa Pangkalan dan Desa Parakanmanggu harus seleksi di tingkat kabupaten terlebih dahulu, mengingat Bakal calonnya lebih dari 5 orang.¬†Sekaligus untuk mengetes kualitas para balak calon kepala desa tersebut,” paparnya.

Wawan mengatakan, soal untuk menguji Balon dibuat oleh panitia dan tim seleksi yang berasal dari berbagai unsur.

“Dengan banyaknya masyarakat mendaftar bakal calon kepala desa itu sangat bagus, karena semuanya tentu ingin membangun dan memajukan desanya masing-masing,” katanya.

Wawan berharap pelaksanaan Pilkades di Pangandaran dapat berjalan lancar aman dan kondusif.

“Sehingga nantinya kepala desa yang terpilih bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online/Editor-Ndu)