Sabtu, Juni 3, 2023
BerandaBerita TerbaruPelumas Rantai Motor Pakai Minyak Goreng, Ketahui Efeknya

Pelumas Rantai Motor Pakai Minyak Goreng, Ketahui Efeknya

Pelumas rantai motor pakai minyak goreng seringkali dipertanyakan. Pemberian pelumas rantai motor ada yang pakai minyak goreng. Padahal pelumas rantai motor tersebut belum tentu memberikan efek baik.

Mungkin ada motor yang mengalami tarikan berat, suara berisik saat berjalan, hingga rantai cepat panas. Beberapa masalah tersebut karena rantai membutuhkan pelumas.

Baca Juga: Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng, Pengguna Perlu Pahami

Saat ini ada banyak pilihan pelumas motor untuk Anda gunakan. Namun, ternyata masih ada yang pakai minyak goreng.

Pelumas Rantai Motor Pakai Minyak Goreng, Ketahui Efek yang Terjadi

Rantai tentu akan membutuhkan pelumasan tambahan. Hal ini agar gesekan bisa berkurang serta pergerakannya lebih lancar. Sebenarnya ada banyak pelumas rantai dan harganya terjangkau.

Bahkan pelumas tersebut bisa dengan mudah Anda jumpai. Namun, beberapa masih ada yang melakukan percobaan pada rantai. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan minyak goreng sebagai pelumas rantai.

Rantai motor memiliki peran dalam menghantarkan tenaga pada bagian crankshaft belakang agar motor bisa berjalan. Jika ingin pindah gigi secara lancar, rantai motor perlu mendapat pelumas secara rutin.

Kondisi rantai kering dan kotor akan membuat pergantian gigi terhambat. Selain itu, menyebabkan tarikan gas motor kurang maksimal. Masalah lainnya terkadang terdengar suara berisik saat motor berjalan.

Untuk itu, perlu memberi pelumas rantai motor dengan pelumas khusus. Minimal sebulan sekali atau saat rantai motor kering. Pemakaian motor secara berlebihan atau cuaca panas juga bisa menyebabkan rantai lebih cepat kering. 

Namun saat ini ada yang pakai minyak goreng sebagai pelumas rantai motor. Adapun beberapa efek yang mungkin terjadi pada motor, sebagai berikut.  

Efek Negatif

Sebenarnya penggunaan minyak goreng untuk melumasi tidak memberikan efek negatif. Tidak akan ada komponen yang rusak dalam rantai tersebut.

Sebab, memiliki sifat yang tidak abrasif. Berbeda jika Anda bandingkan dengan oli bekas.

Baca Juga: Cara Memilih Rantai Motor yang Bagus untuk Anda Terapkan

Oli bekas biasanya memiliki gram-gram logam. Untuk itu, bisa merusak atau menjadikan rantai lebih cepat aus. Jika untuk keperluan konsumsi saja aman, maka juga aman saat menggunakan minyak goreng untuk melumasi.

Hanya saja efek negatif yang mungkin terjadi, rantai motor akan lebih cepat kotor. Sebab, bisa menarik debu serta kotoran lebih banyak. Sebaiknya Anda membersihkan rantai secara rutin.

Efek Positif Pelumas Rantai Motor Pakai Minyak Goreng

Meski tidak ada efek negatif yang berlebihan. Penggunaan minyak goreng untuk rantai motor juga tidak memberikan dampak positif. Meski sifatnya dari minyak yang licin.

Namun juga tidak bisa Anda gunakan sebagai pelumas rantai. Minyak goreng bukan berfungsi sebagai pelumas benda. Sehingga tidak bisa melumasi rantai mesin secara maksimal.

Minyak goreng hanya akan berceceran saat rantai bekerja. Bahkan perlindungan anti karat hanya bisa Anda jumpai pada pelumas khusus. Tentu mustahil Anda jumpai pada minyak goreng.

Untuk itu, minyak goreng untuk rantai motor merupakan hal yang tidak bermanfaat. Meski tidak menggunakannya sementara waktu saja juga tidak berpengaruh pada rantai.

Pelumas Minyak Goreng Hanya saat Kondisi Darurat

Perlu Anda pahami kembali bahwa pelumas rantai motor pakai minyak goreng ternyata hal yang diperbolehkan. Namun hanya untuk kondisi darurat saja sebagai alternatif.

Sehingga jika memang benar-benar tidak bisa membeli pelumas lainnya dalam waktu cepat. Minyak goreng bisa menjadi pilihan alternatif. Namun pastikan menggunakan minyak goreng yang baru.

Jangan sampai menggunakan minyak bekas memasak atau yang sering disebut dengan minyak jelantah. Sebab, penggunaan minyak goreng untuk rantai motor bukan menjadi rekomendasi.

Minyak goreng hanya akan membuat rantai motor cepat kering. Selain cepat kering, pemakaian minyak goreng juga membuat rantai cepat korosi.

Banyak debu serta kotoran akan menempel pada rantai dengan mudah. Sementara oli mesin yang baru bisa menjadi alternatif yang tepat untuk Anda gunakan.

Baca Juga: Perawatan Rantai Motor yang Tepat agar Awet dan Terjaga

Namun lebih baik dengan menggunakan pelumas khusus rantai. Pelumas khusus rantai juga akan membuat rantai lebih awet.

Pelumas tersebut juga mudah Anda dapatkan di berbagai tempat. Terlebih harganya juga terbilang cukup terjangkau. Namun memberikan manfaat sangat baik pada rantai motor Anda.

Pelumas rantai motor pakai minyak goreng hanya boleh dalam kondisi darurat saja. Sebaiknya tetap membeli pelumas khusus rantai. Sifatnya melumasi dan melindungi rantai motor dari kotoran agar terjaga maksimal. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News