Sabtu, Juni 3, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Layar HP yang Benar, Jangan Hanya Asal

Cara Membersihkan Layar HP yang Benar, Jangan Hanya Asal

Cara membersihkan layar HP perlu Anda lakukan secara hati-hati. Membersihkan layar HP dengan cara yang asal-asalan dan tak teliti justru bisa merusaknya. Jika sudah demikian, layar HP jadi tak bisa berfungsi secara optimal sebagaimana mestinya lagi.

Cara Membersihkan Layar HP yang Tepat

Cara Membersihkan Layar HP

Layar termasuk salah satu komponen ponsel yang memiliki peran penting tersendiri. Dengan adanya layar, maka pengguna bisa tahu tampilan perintah yang ia masukkan.

Misalnya saja untuk menonton video, membuka media sosial, bermain game, dan lain sebagainya. Hanya saja, peran layar yang menguntungkan tersebut bisa menurun karena beberapa hal.

Baca Juga: Layar Mati Saat Telepon, Berikut Cara Mengatasinya

Hal-hal tersebut mulai dari kurangnya perawatan seperti jarang membersihkannya, usia pakai HP sudah terlalu lama, tak sengaja terjatuh sehingga berdebu, dan masih banyak lagi.

Layar HP yang kotor karena terkena debu, noda, maupun kotoran lainnya, bisa menghalangi pandangan. Maka dari itu, Anda perlu membersihkan layar HP dengan beberapa cara di bawah ini.

Membersihkan Layar HP Dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa Anda pakai untuk membersihkan layar ponsel. Dengan minyak kayu putih, maka debu terkecil pun bisa langsung kabur dan tak menempel lagi di layar.

Tak kalah menarik untuk Anda tahu bahwa minyak kayu putih tidak hanya bisa bersihkan layar, namun juga tangani tombol ponsel yang mengalami kerusakan. Mengenai cara membersihkan layar HP dengan minyak kayu putih cukup mudah.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih secukupnya saja di layar HP. Lalu gunakan kain yang lembut dan bersih untuk mengusap layar yang sudah ada minyak kayu putih tersebut.

Selain mudah, pemanfaatan minyak kayu putih juga tak mengharuskan Anda keluar budget besar. Mengingat harga minyak kayu putih memang terjangkau di pasaran.

Pasta Gigi Bisa Membersihkan Layar HP

Tampilan layar ponsel yang bernoda bisa Anda hilangkan dengan memanfaatkan pasta gigi. Uniknya, pasta gigi tak hanya bisa Anda pakai untuk membersihkan noda atau debu saja, melainkan juga memperbaiki layar yang tergores hingga retak.

Anda bisa buktikan sendiri dengan cara langsung menyiapkan pasta gigi, kapas yang lembut, dan ponsel untuk membersihkan layar HP. Setelah semua bahan dan alat siap, Anda bisa oleskan sedikit pasta gigi ke kapas.

Cara membersihkan HP yang tergores selanjutnya, Anda tinggal mengusapkannya ke layar. Sebagai tips tambahan, jangan ganti kapas yang lembut tersebut dengan tisu basah.

Bukan tanpa alasan. Ada sebagian tisu basah yang di dalamnya terdapat kandungan disinfektan berwujud alkohol. Zat tersebut berperan penting dalam membunuh kuman.

Karena fungsi tersebut, zat ini sama halnya dengan cairan alkohol di dalam botol yang bisa membuat lapisan pelindung layar jadi rusak. Dengan begitu, penggunaan tisu basah bukannya bisa membersihkan layar, namun justru merusaknya.

Menggunakan Air yang Bersih

Layar HP juga bisa Anda bersihkan dengan cara menggunakan air biasa. Akan tetapi, Anda harus memastikan dulu bahwa airnya bersih sehingga tidak memperparah kondisi layar HP.

Ketika ingin membersihkan layar ponsel dengan cara memanfaatkan air, Anda bisa siapkan dua kain yang halus terlebih dahulu. Saat kainnya sudah siap, Anda bisa menuangkan air bersih ke atasnya.

Baca Juga: Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Penyebab dan Solusinya

Namun jangan membuat kainnya terlalu basah. Cukup tuangkan air di bagian tepi kainnya saja. Kemudian gunakan kain tersebut untuk menyeka layar HP secara hati-hati dan perlahan.

Apabila terlalu keras saat membersihkan layar HP, justru akan merusaknya. Selain itu, lakukan pembersihan tersebut secara menyeluruh agar hasilnya juga memuaskan.

Jika sudah membersihkan layar ponsel secara menyeluruh, maka Anda bisa lanjutkan pakai kain satunya lagi. Akan tetapi, jangan membasahi kainnya sebab berguna untuk mengeringkan layar HP.

Anda bisa gosokkan kain yang kering tersebut ke layar ponsel. Anda baru bisa gunakan HP ketika sudah benar-benar kering. Apabila memaksa menggunakan HP saat kondisinya masih lembab, jelas bisa membuat air masuk ke dalam perangkat.

Menggunakan Cotton Bud

Cotton bud selama ini berfungsi sebagai alat pembersih kotoran di telinga. Dengan desainnya yang kecil dan unik, ternyata cotton bud juga bisa Anda gunakan dalam cara membersihkan layar HP.

Anda tak perlu ragu untuk menerapkan cara yang satu ini karena tersedia secara luas di pasaran. Selain mudah Anda temukan, cotton bud juga memiliki harga terjangkau sehingga tidak menguras isi kantong.

Lantas bagaimana cara membersihkan layar HP dengan cotton bud? Tak perlu bingung, Anda cukup mengusap layar HP menggunakan cotton bud. Salah satu keuntungan menggunakan cutton bud untuk membersihkan ialah bisa menjangkau pinggiran layar dengan baik.

Manfaatkan Cairan Pembersih Layar Ponsel

Di pasaran telah tersedia cairan khusus untuk membersihkan layar ponsel. Anda bisa gunakan cairan khusus tersebut ketika ingin membersihkan layar HP secara menyeluruh dan hasilnya maksimal.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa di dalam cairan khusus tersebut ada kandungan zat-zat kimia tertentu. Bahan kimia ini berperan penting untuk memudahkan pengangkatan semua kotoran di layar ponsel Anda.

Untuk cara membersihkan layar HP ini pun cukup sederhana. Bahkan pemula bisa melakukannya secara mudah, aman, dan praktis. Anda cukup ikuti tutorial lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih dan Cara Mengatasinya

  1. Pertama-tama, Anda bisa siapkan cairan khusus pembersih layar ponsel dan kain yang bersih.
  2. Kemudian Anda bisa menuangkan cairan khusus tersebut di kain yang bersih sebagai alternatif air. Dalam artian, Anda memang tidak perlu menggunakan air ketika membersihkan layar HP dengan cara ini.
  3. Jika sudah, Anda bisa mengusapkan kain yang ada cairan tersebut di layar HP.
  4. Lakukan proses pengusapan tersebut secara perlahan dan penuh kehati-hatian agar tidak menggores layar ponsel.
  5. Biarkan sampai layar ponsel kering dengan sendirinya.

Tips tambahan bagi Anda yang ingin mencoba cara ini, lebih baik jangan berdekatan dengan orang yang tengah batuk atau bersin. Hal ini hanya akan membuat layar HP jadi kotor lagi karena terkena virus, bakteri, atau kuman tersebut.

Selain itu, agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa mencuci tangan sebelum mulai membersihkan layar ponsel. Cuci tangan lagi saat sudah membersihkan layar HP sehingga steril ketika mengoperasikan nantinya.

Memakai Baking Soda

Baking soda tak hanya populer di bidang kuliner saja, melainkan juga teknologi, khususnya perawatan ponsel. Hal ini karena baking soda ternyata ampuh dalam cara membersihkan layar HP.

Caranya juga tak kalah mudah dari tutorial-tutorial sebelumnya. Anda tertarik untuk mencoba cara ini bukan? Untuk itu, cek tutorial selengkapnya di sini.

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah menyiapkan baking soda secukupnya.
  2. Kemudian buatlah baking soda tersebut menjadi pasta.
  3. Saat sudah menjadi pasta, Anda tinggal mengoleskannya ke layar HP secara merata.
  4. Tunggulah sampai olesan baking soda tersebut sedikit mengering
  5. Jika sudah, Anda bisa segera membersihkannya menggunakan kain. Pastikan kainnya bersih dan lembut sehingga hasilnya optimal.

Apabila ponsel Anda berlapis screen protector, maka bisa melepaskannya terlebih dahulu ketika ingin membersihkannya menggunakan baking soda. Setelah proses cara membersihkan layar HP selesai, Anda bisa memasang screen protector yang baru sesuai dengan aturan pemakaiannya.

Menggunakan Sinar UV

Cara Membersihkan Layar HP

Cara membersihkan layar HP ini terbukti modern dan canggih. Hal ini karena pemanfaatan sinar UV terbilang tidak biasa, namun aman dan hasilnya cepat terlihat.

Untuk membersihkan layar ponsel dengan sinar UV, biasanya perlu menyiapkan alat khusus sendiri. Karena hal tersebut, cara ini sangat sesuai bagi Anda yang memiliki budget lebih.

Dengan memanfaatkan sinar UV, maka prosesnya tak hanya cepat dan aman, namun juga praktis. Mengapa demikian? Hal ini karena Anda tak lagi memerlukan berbagai jenis cairan untuk membersihkan layar HP.

Baca Juga: Layar Android Berubah Warna Hijau, Ini Penyebab dan Solusinya

Keuntungan lainnya yakni Anda bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Namun jika Anda masih awam dengan hal tersebut, lebih baik percayakan pada spesialis yang ahli di bidangnya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan HP yang lebih parah. Akan tetapi jika Anda mahir, lebih baik lakukan sendiri dengan tetap berhati-hati.

Bagi Anda yang ingin coba cara membersihkan layar di atas, pastikan untuk mematikan HP terlebih dahulu. Setelah ponsel benar-benar bersih, baru Anda bisa menghidupkannya lagi. Ponsel kesayangan Anda pun bisa terlihat lebih bersih dari sebelumnya dan fungsional. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News