Kamis, Desember 7, 2023
BerandaBerita CiamisDinkes Ciamis Catat 88 Kasus DBD Selama 4 Bulan di 2023

Dinkes Ciamis Catat 88 Kasus DBD Selama 4 Bulan di 2023

harapanrakyat.com,- Dalam kurun waktu bulan Januari sampai April 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis mencatat ada 88 Kasus demam berdarah dengue (DBD). Angka ini mengalami penurunan dari tahun lalu Berdasarkan data setiap bulannya.

“Jelas DBD ini menjadi perhatian kami, meski tidak mudah dalam menangani kasus DBD tapi terlihat ada penurunan kasus,” ujar Sekdis Kesehatan Ciamis Anton, Selasa (9/5/2023).

Bidang P2P Dinkes Ciamis pun terus berkoordinasi dengan seluruh puskesmas dalam pelaporan dan penanganan kasus DBD setiap kecamatan.

Kabid P2P Dinkes Ciamis Edis menjalankan dari 88 kasus ini tidak ada pasien yang meninggal dunia. Jumlahnya pun mengalami penurunan dari periode yang sama pada tahun lalu.

“Setiap bulan kita lakukan pendataan dan pelaporan jumlah kasus DBD. Jadi bisa terpantau warga yang terjangkit DBD,” katanya.

Adapun rincian jumlah kasus DBD Ciamis setiap bulannya. Januari ada 20 kasus, Februari 21 kasus, Maret 21 kasus dan April 26 kasus. Berdasarkan jenis kelamin laki-laki 42 kasus, perempuan 46 kasus dan nol kasus meninggal dunia.

Baca Juga: Lomba Cegah Stunting Content Tingkat Jabar, Ciamis Optimis Juara

Berdasarkan golongan umur warga yang terkena DBD, usia 1 tahun 2 kasus, 1-4 tahun 3 kasus, 5-14 tahun, 28 kasus, 15-44 tahun, 33 kasus dan usia 44 tahun, 22 kasus.

‚ÄúDengan data ini maka kami bisa melakukan penanganan kasus DBD di wilayah yang merupakan daerah endemik. Wilayah yang masih mendominasi pada wilayah padat penduduk seperti Kecamatan Ciamis,” terangnya.

Dalam upaya pencegahan DBD, pihaknya pun terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sangat penting untuk mencegah DBD.

“Dalam menangani DBD ini tentunya perlu upaya bersama. Baik pemerintah maupun masyarakat. Sehingga setiap bulan jumlah warga yang terjangkit DBD pun semakin berkurang. Terus meningkatkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) pada setiap lingkungannya,” pungkasnya. (Es/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News