Senin, September 25, 2023
BerandaBerita TerbaruPenampakan Bintang Telan Planet, Fenomena Pertama Kali

Penampakan Bintang Telan Planet, Fenomena Pertama Kali

Penampakan bintang telan planet berhasil terdeteksi oleh tim astronom. Peristiwa bintang yang telan planet ini jadi penampakan pertama kali sehingga mengejutkan banyak pihak. Kejadian tak biasa di luar angkasa ini sendiri telah terbit di dalam jurnal Nature pada 3 Mei 2023.

Penampakan Bintang Telan Planet di Luar Angkasa

Selama ini kita tahu bahwa bintang menjadi pusat dalam sistem peredaran planet. Hanya saja, pusat peredaran tersebut justru ada yang membahayakan planet di sekelilingnya.

Baca Juga: Potret Uranus Berlapis Cahaya, Hasil Tangkapan James Webb

Hal tersebut terungkap melalui penelitian dari ilmuwan Massachusetts Institute of Technology, California Institute of Technology, Harvard University, dan masih banyak lagi. Lantas bintang apakah yang memangsa planet tersebut?

Setelah diteliti secara lebih mendalam, ternyata bintang tersebut sangat dekat dengan galaksi Bimasakti yang kita tempati. Planet yang dilahap oleh bintang tersebut berjarak hanya 12.000 tahun cahaya dari tempat kita.

Lebih tepatnya, berlokasi dekat dengan konstelasi Aquila. Karena berjarak cukup dekat, tim astronom bisa mengamatinya secara lebih detail.

Dari pengamatan yang astronom lakukan, terlihat bahwa suar bintang lebih terang dalam waktu 10 hari. Tingkat terangnya pun hingga 100 kali lipat. Lalu suarnya kembali memudar.

Karakteristik Planet Mati

Selain bintangnya, ilmuwan juga meneliti planet yang mati karena tertelan tersebut. Sesuai dengan penjelasan tim ilmuwan, planet yang mati ini kemungkinan memiliki ukuran sebesar planet Jupiter.

Baca Juga: Astronom Pecahkan Misteri Quasar 60 Tahun, Ungkap Fakta Baru

Dengan ukuran tersebut, planet mati ini juga memiliki suhu yang panas dan berputar secara spiral. Perihal bagaimana penampakan bintang telan planet tersebut bisa terjadi, ternyata akibat terseret langsung ke atmosfernya.

Saat fenomena tersebut berlangsung, suar yang terang tadi jadi penandanya. Sementara untuk alasan kenapa bintang bisa sampai memangsa planetnya yakni karena kondisi atmosfer bintang yang sudah sekarat.

Setelah fenomena luar biasa tersebut terjadi, bintangnya jadi berukuran raksasa dan jauh berbeda dari kondisi sebelumnya. Sebenarnya suar ini sudah astronom deteksi pada Mei 2020 silam. Akan tetapi, butuh waktu bagi ilmuwan untuk melakukan penelitian dan menyusun penjelasannya.

Prediksi Masa Depan Bumi

Setelah mengetahui ada fenomena tak biasa sekaligus jadi peristiwa pertama kali tersebut, ilmuwan lantas memprediksi masa depan Bumi ke depannya. Ada kemungkinan Bumi juga mengalami hal serupa.

Bumi bisa saja ditelan oleh matahari saat kondisi bintang tersebut terbakar habis. Bukan tidak mungkin bila matahari yang terbakar habis bisa melahap semua planet yang ada di dalam sistem Tata Surya.

Baca Juga: Lubang Hitam Tertua, Inilah Sejumlah Fakta Terkait Penemuannya

Walau demikian, kita tak perlu khawatir karena setidaknya prediksi tersebut tidak benar-benar terjadi dalam waktu dekat. Setidaknya sebelum 5 miliar tahun mendatang.

Tak bisa kita pungkiri bahwa penampakan bintang telan planet mengundang perhatian banyak pihak. Terlebih lagi bagi peneliti. Harapannya, ilmuwan bisa melakukan penelitian secara lebih lanjut untuk mengungkap fakta menarik lainnya. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News