Senin, September 25, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dan Tips agar Tidak Hilang

Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dan Tips agar Tidak Hilang

Cara membuka jok motor tanpa kunci bisa Anda lakukan dengan mudah. Jok motor cara membukanya tidak bisa tanpa kunci. Namun terkadang ada beberapa orang yang bisa membukanya dengan beberapa metode.

Meski terlihat sepele, namun bagian jok motor memiliki fungsi penting. Bahkan ketika Anda ingin mengambil barang atau mengisi bahan bakar yang ada di bagian bawah jok motor. Karena berbagai alasan, tentu membuka jok motor menjadi salah satu yang perlu Anda perhatikan.

Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Metode

Kunci sepeda motor memang memiliki peran yang cukup penting. Biasanya kunci kontak motor juga berfungsi untuk membuka bagian joknya. untuk itu, jangan sampai kunci motor hilang atau tertinggal.

Baca Juga: Jok Motor Anti Pegal, Berkendara Pasti Lebih Nyaman

Jika hal ini terjadi tentunya akan kesulitan saat hendak menyalakan sepeda motor dan membuka bagian joknya.

Padahal sering sekali pemilik sepeda motor yang meletakkan berbagai barang pada compartment. Apalagi sepeda motor saat ini sudah dilengkapi dengan compartment yang cukup luas. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh pemiliknya.

Namun terkadang ada yang lupa menaruh kunci, padahal ingin mengambil sesuatu pada bagian joknya, lantas apa yang harus dilakukan. Kali ini kami akan berikan solusi membuka jok motor meski kunci tidak ada.

1. Bongkar Bodi Motor

Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan saat jok motor tidak bisa dibuka yaitu dengan membongkar bagian body motor. Cara membuka jok motor tanpa kunci bisa dengan cara mudah.

Saat jok motor tidak bisa Anda buka, maka bisa membawanya ke bengkel. Mintalah bantuan bengkel otomotif terbaik yang dapat memberikan solusinya. Bantu tukang mekanik membukakan semua bodi sepeda motor.

Terutama pada komponen yang biasanya menutupi bagian tersebut. Jika sudah dapat membuka bagian tersebut, maka Anda dapat menjangkau bagasi kotor. Cara ini menjadi salah satu yang bisa Anda lakukan saat kondisi darurat sekalipun.

Meski membutuhkan biaya untuk jasa bongkar body motor, namun paling tidak cara ini akan mengurangi terjadinya kerusakan. Sebab, pembongkaran dilakukan oleh tenaga profesional. Bukan dengan cara paksa.

2. Minta Bantuan Tukang Kunci

Selain cara yang pertama masih banyak solusi yang bisa Anda gunakan. Termasuk cara buka jok motor tanpa kunci dengan meminta bantuan tukang kunci. saat ini sudah banyak pembuat kunci motor yang bisa membantu para pemilik sepeda motor yang mengalami kunci hilang.

Baca Juga: Pengunci Jok Motor Macet, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada bisa cari tukang buat kunci pengganti sepeda motor. Selain memiliki kunci universal, tukang kunci juga menyediakan magnet khusus yang bisa membantu siapa saja yang kesulitan saat membuka jok motor.

Sehingga cara ini menjadi alternatif yang tepat tanpa harus merusak bagian pengait atau justru membongkar bagian bodinya. Meski membutuhkan biaya untuk membayar jasa kunci, namun cara ini tergolong cukup efektif. Sehingga cara ini bisa menjadi solusi yang bijak.

3. Buka Pengait Jok Motor

Cara membuka jok motor tanpa kunci yaitu dengan membuka pengaitnya. Cara ini bisa dilakukan mengingat setiap motor memiliki pengait yang terletak pada bagian ujung.

Peran dari pengait jok cukup penting. Fungsi utamanya yaitu untuk mencengkeram jok dan akan terbuka ketika kunci masuk. Meski terlihat kuat, namun pengait jok bisa Anda bongkar.

Bahkan bisa dibilang caranya cukup mudah. Cobalah untuk menarik pengait jok secara paksa.

Cara ini bisa Anda lakukan meski menimbulkan sedikit kerusakan. Meski demikian, jok akan terbuka sesuai yang Anda inginkan.

Cara Mencegah Kunci Motor agar Tidak Hilang

Setelah Anda tahu cara membuka jok motor tanpa kunci, sebaiknya Anda juga tahu cara agar kunci tidak mudah hilang.

Baca Juga: Penyebab Jok Motor Tidak Bisa Ditutup dan Solusi Mengatasinya!

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kunci motor agar tidak hilang:

  • Menyimpan Kunci dengan Aman
  • Gunakan Gantungan Kunci
  • Duplikat Kunci
  • Jaga Kunci Saat Berkendara
  • Jangan Meninggalkan Kunci di Motor
  • Periksa Kunci Secara Teratur
  • Gunakan Kunci Tambahan.

Selalu ingat untuk menjaga kunci motor dengan aman dan hati-hati. Jika kunci motor Anda hilang semua jadi kacau. Sebab, selain jok motor tidak dapat dibuka bahkan kendaraan tidak bisa dioperasikan.

Untuk itulah mengapa perlu menjaga kunci agar tidak hilang dan mengetahui bagaimana saja cara membuka jok motor tanpa kunci ketika hilang. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News