Minggu, Oktober 1, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menetralkan Kulit Sebelum Ganti Skincare, Lakukan Ini!

Cara Menetralkan Kulit Sebelum Ganti Skincare, Lakukan Ini!

Cara menetralkan kulit sebelum ganti skincare menjadi hal yang penting dilakukan untuk menghindari breakout. Pasalnya, kebutuhan kulit akan terus berubah mengikuti usia, lingkungan, dan cuaca sehingga ada kalanya Anda perlu mengganti skincare

Saat ini pun ada berbagai macam brand produk skincare baik dari dalam maupun luar negeri. Tak jarang, beberapa orang penasaran untuk mencoba produk-produk baru yang menawarkan manfaat lebih banyak. 

Namun, ada beberapa cara menetralkan kulit sebelum ganti skincare. Langkah-langkah ini perlu Anda terapkan agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah di kemudian hari. 

Ini Cara Menetralkan Kulit Sebelum Ganti Skincare

Menurut Caroline A. Chang, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Rhode Island Dermatology Institute, terdapat bahan kimia dalam kosmetik yang menimbulkan reaksi merugikan, khususnya retinol dan acid. 

Apabila tidak mengikuti prosedur yang benar, kandungan ini justru dapat memicu jerawat dan kekeringan. Oleh karena itu, kulit perlu menjadi netral terlebih dulu sebelum menggunakan produk baru.

Baca Juga: Perbedaan Purging dan Breakout Setelah Penggunaan Skincare

Mengurangi Penggunaan Produk Lama

Langkah pertama dalam cara menetralkan kulit sebelum ganti skincare adalah mengurangi pemakaian produk lama. Anda bisa mengurangi intensitas penggunaan secara bertahap. 

Misalnya, jika Anda terbiasa menggunakan produk tersebut setiap hari, maka cobalah untuk menguranginya menjadi 2-3 kali dalam seminggu. Cara ini membantu menetralkan wajah dari kandungan skincare lama selama beberapa minggu ke depan. 

Amati perubahannya, apakah timbul masalah pada kulit? Jika tidak terjadi reaksi, maka Anda siap menggunakan produk baru. 

Tetap Rutin Mencuci Wajah

Mencuci wajah adalah langkah mendasar dalam perawatan kulit. Memastikan wajah bersih dapat menghilangkan paparan debu, kotoran, bakteri, dan minyak berlebih. 

Tidak melewatkan tahap membersihkan wajah juga merupakan langkah penting dalam cara menetralkan kulit sebelum ganti skincare. 

Cuci muka sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam sebagai rutinitas dari perawatan kulit. Agar tidak terjadi iritasi, pilih pembersih wajah dengan formula pH rendah. 

Tidak Melewatkan Sunscreen

Ketika menerapkan cara menetralkan kulit sebelum ganti skincare, pastikan Anda tetap memakai sunscreen. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa memicu kerusakan. 

The American Cancer Society merekomendasikan sunscreen dengan minimal SPF 30 sebelum terkena paparan sinar matahari. Oleh karena itu, Anda bisa tetap menggunakan sunscreen baik di dalam maupun di luar rumah. 

Baca Juga: Kandungan Skincare Penghilang Flek Hitam untuk Wajah Cerah Merata

Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam

Selain itu, penting untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam selama masa transisi. Pola makan sehat seperti mencukupi kebutuhan air putih dan mengkonsumsi makanan bergizi dapat bermanfaat bagi kulit Anda. 

Tidak hanya menyehatkan kulit, pola makan sehat juga berpengaruh pada kesehatan secara menyeluruh. Misalnya, mengkonsumsi buah jeruk dapat memberikan tubuh vitamin C yang bantu pembentukan kolagen. Di samping itu, vitamin C juga dapat menjaga daya tahan tubuh. 

Mulai Gunakan Skincare Baru

Langkah terakhir dalam menerapkan cara menetralkan kulit sebelum ganti skincare adalah memulai penggunaan produk baru dengan hati-hari. Mulai gunakan produk baru secara bertahap untuk mengetahui reaksi yang terjadi pada kulit. 

Jangan menggunakannya dalam jumlah banyak sekaligus, karena jenis kulit sensitif kemungkinan akan mengalami breakout. Lagipula, Anda tidak perlu terburu-buru melihat hasilnya karena segalanya butuh proses. 

Perhatikan Reaksi Pada Kulit

Bahan yang lebih kuat seperti retinol dapat menyebabkan kulit mengelupas dan teriritasi, terutama saat pemakaian pertama. Meskipun begitu, retinol telah terbukti mengurangi kerutan dan garis halus sehingga banyak orang memasukkannya ke dalam rutinitas. 

Baca Juga: Manfaat Menerapkan Skincare Bagi Kesehatan Mental, Bisa Atasi Bad Mood?

Perhatikan apakah reaksi yang terjadi pada kulit masih bisa Anda toleransi atau tidak. Dalam beberapa kasus, produk yang menimbulkan jerawat selama berminggu-minggu kemungkinan memiliki tingkat kecocokan rendah. 

Hal ini juga bisa menandakan bahwa kulit Anda menolak bahan-bahan tersebut, sehingga perlu memahami cara menetralkan kulit sebelum ganti skincare.

Sabar dalam Menjalani Prosesnya

Sebagian besar produk tidak memberikan hasil secara langsung, oleh karena itu, bersabarlah. Manfaat yang sesungguhnya baru terasa setelah pemakaian jangka panjang. 

“Untuk melihat khasiat dari eye cream atau serum, butuh waktu sekitar 4-6 minggu,” ucap Chrissy Carano dari Heyday Skincare Educator. Kecuali jika Anda telah menggunakan produk tersebut selama berbulan-bulan dan tidak kunjung melihat hasilnya, maka saatnya untuk ganti ke skincare baru. 

Pastikan Anda telah mengikuti cara menetralkan kulit sebelum ganti skincare untuk menghindari masalah di kemudian hari. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News