Rabu, September 27, 2023
BerandaBerita TerbaruFungsi Retikulum Endoplasma pada Hewan dan Tumbuhan

Fungsi Retikulum Endoplasma pada Hewan dan Tumbuhan

Fungsi retikulum endoplasma pada makhluk hidup. Retikulum endoplasma ini memiliki fungsi penting pada hewan dan tumbuhan. Sebab, kedua makhluk hidup tersebutlah yang memiliki bagian ini di dalam tubuhnya.

Retikulum endoplasma atau yang biasanya disingkat menjadi RE sangat berperan penting di dalam sistem membran kontinu.

Bagaimana tidak, bagian ini dapat membentuk suatu rangkaian kantung rata yang ada pada sitoplasma. Apa saja sebenarnya fungsi dari bagian ini di dalam tubuh hewan dan tumbuhan?

Fungsi Retikulum Endoplasma Apa Saja?

Makhluk hidup yang ada di Bumi ini memiliki tubuh yang terdiri dari berbagai sel di setiap bagiannya. Setiap sel tersebut memiliki fungsi pentingnya masing-masing.

Baca Juga: Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan Berdasarkan Organelnya

Salah satu bagian dari sel di dalam tubuh tumbuhan dan hewan adalah retikulum endoplasma atau RE.

Struktur yang retikulum endoplasma miliki ini sangat dinamis dan besar. Selain itu, ada banyak peran dari RE di dalam sel.

Jenis Retikulum Endoplasma

Perlu Anda ketahui bahwa bagian sel ini terdiri atas 3 jenis. Ada retikulum endoplasma kasar, halus, dan juga sarkoplasmik.

Retikulum endoplasma kasar atau REK memiliki struktur yang lebih besar. Terdapat bintik-bintik yang bernama ribosom pada REK.

Sementara itu, retikulum endoplasma harus atau REH merupakan kebalikannya, yakni tidak memiliki bintik ribosom di permukaan.

Letak dari retikulum endoplasma ini berada di proporsi yang cukup tinggi. Di daerah tersebut terjadi produksi lipoprotein.

Selain kedua jenis tersebut, ada juga fungsi retikulum endoplasma sarkoplasmik. Ini merupakan salah satu jenis khusus dari REH.

Letak retikulum endoplasma sarkoplasmik ini berada di otot licin dan otot lurik. Beda dari RE, jenis ini hanyalah kandungan proteinnya.

Fungsi REK

Retikulum endoplasma Kasar atau REK maupun RE granular terdiri sangat berlimpah di dalam sel tubuh, misalnya seperti hepatosit.

Fungsi REK yang paling utama adalah mengambil bagian di dalam sintesis protein. Setelah itu, retikulum endoplasma kasar akan segera mengangkut protein ke bagian lainnya.

RE granular atau REK ini berperan penting dalam hal memproduksi, menyortir atau menggema, hingga mengangkut protein sekretori.

Baca Juga: Jaringan Tumbuhan dan Fungsinya, Anda Wajib Tahu!

Beberapa contoh protein yang fungsi retikulum endoplasma angkut adalah antibodi, insulin, protein untuk pembekuan darah, kolagen, musim, dan bahkan hingga enzim.

Kemudian, protein sekretori tersebutlah yang akan retikulum endoplasma transfer atau salurkan ke berbagai bagian sel. Misalnya sel piala, sel pankreas, sel B limfosit, sel hati, hingga sel fibroblas.

Fungsi REH

Selanjutnya adalah retikulum endoplasma halus yang merupakan REH atau SEH. Retikulum ini terdiri atas tubulus yang berada di dekat pinggiran sel.

Tabung retikulum endoplasma halus tersebut bercabang dan membentuk jaringan berupa retikuler. REH ini juga membentuk area melebar yang berbentuk seperti kantong.

Fungsi utama dari bagian ini adalah sebagai pengangkut produk RE kasar ke dalam organel seluler lainnya, terutama menuju ke aparatus golgi.

Fungsi retikulum endoplasma halus yang tidak kalah penting adalah perannya dalam metabolisme.

Retikulum endoplasma halus ini menjalankan metabolisme karbohidrat hingga menyimpan dan melepaskan ion kalsium. Proses inilah yang memainkan peran penting di dalam sistem saraf atau sistem otot.

Fungsi RE Sarkoplasmik

Retikulum endoplasma sarkoplasmik sebenarnya adalah jenis khusus dari retikulum endoplasma halus.

Namun begitu, retikulum endoplasma sarkoplasmik ini memiliki struktur dan fungsi yang berbeda. RE sarkoplasmik memiliki kandungan protein pada REH.

Fungsi dari RE Sarkoplasmik ini adalah untuk memompa ion kalsium. Peran khusus lainnya adalah untuk memicu kontraksi pada otot.

Retikulum Endoplasma pada Hewan dan Tumbuhan

RE pada tumbuhan berupa saluran masuknya protein ke dalam membran. Fungsinya adalah mensintesis protein dari pematangan.

Fungsi lainnya adalah melibatkan sel yang berkomunikasi bersama dengan sel khusus. RE pada tumbuhan juga menyimpan protein.

Baca Juga: Fungsi Jaringan Darah pada Hewan yang Perlu Kamu Ketahui, Apa Saja?

Sementara itu, RE pada hewan berupa jaringan kantong untuk manufaktur yang akan berhubungan dengan selubung nukleus berlapis ganda.

Fungsinya pada hewan adalah sebagai pengolahan serta pengangkut berbagai jenis senyawa kimia dan organel multifungsi untuk mensintesis membran lipid, protein, hingga mengatur kalsium intraseluler.

RE pada hewan juga mampu menetralkan racun dengan detoksifikasi dan sarana transportasi molekul dan bagian sel.

Jadi, itulah berbagai fungsi retikulum endoplasma yang ada pada tubuh hewan dan tumbuhan. Bagian dari selĀ  ini berperan sangat penting bagi kelangsungan hidup. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News