Rabu, September 27, 2023
BerandaBerita TerbaruSakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit pinggang sebelah kiri perlu kita waspadai. Saat pinggang di sebelah kiri terasa sakit, bisa saja jadi indikasi penyakit serius. Oleh karena itu, jangan mengabaikan keluhan sakit pinggang yang Anda alami agar tidak membahayakan kesehatan.

Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Penjelasannya

Sakit pinggang yang terasa di sisi tubuh bagian kiri memiliki beberapa penyebab tersendiri. Biasanya hal-hal yang bisa menyebabkan rasa sakit tersebut mulai dari cedera di bagian cakram atau persendian.

Selain itu, sakit pinggang di bagian kiri juga bisa jadi pertanda adanya kerusakan pada jaringan lunak otot. Lebih tepatnya di bagian ligamen yang berperan penting sebagai penopang tulang belakang.

Baca Juga: Gejala Kanker Ginjal, Salah Satunya Waspadai Kencing Berdarah!

Saat Anda merasakan sakit pinggang ini, biasanya tak hanya berkaitan dengan jaringan yang ada di pinggang sisi kiri saja, melainkan juga organ-organnya. Keluhan tersebut juga semakin terasa seiring bertambahnya usia karena otot maupun tulang memang mengalami penurunan kekuatan.

Kendati demikian, harus Anda pahami bahwa keluhan sakit pinggang ini tak hanya bisa terjadi di usia lanjut saja. Kurangnya memperhatikan segi kesehatan bisa membuat siapa saja terserang masalah sakit pinggang di sisi kiri.

Apabila tidak segera mendapatkan penanganan secara tepat, maka bisa memperburuk kondisinya. Bahkan masalahnya bisa merambat ke anggota badan yang lainnya.

Gejala Sakit Pinggang Kiri

Pada dasarnya, ada beberapa gejala yang diperlukan untuk Anda cermati ketika mengalami rasa sakit yang sangat menyiksa di bagian tubuh kiri. Salah satu gejalanya ialah rasa nyeri yang semakin terasa sakit apabila menggerakkan tubuh ke bagian kiri.

Selain itu, rasa sakit di pinggang kiri bisa merembet pada paha sampai kaki. Keluhan ini juga sering disertai dengan kesemutan dan mati rasa.

Gejala lainnya yaitu munculnya kram di otot-otot yang ada di bagian tulang belakang. Saat merasakan gejala-gejala tersebut, maka penderita sakit pinggang akan kesulitan dalam bergerak maupun berjalan.

Karenanya, aktivitas jadi terbengkalai dan tidak bisa menjalani rutinitas seperti biasanya. Apabila penderitanya kesulitan untuk membungkuk atau sekedar bersandar, menandakan bahwa penyakitnya sudah semakin kronis sehingga harus mendapatkan perawatan secara intensif.

Penyebab Sakit Pinggang Kiri

Selain mengetahui gejalanya, tak kalah penting pula untuk memahami apa saja penyebab yang memicu sakit pinggang kiri. Dari penjelasan tadi, sudah kita singgung bahwa salah satu penyebabnya ialah cedera otot.

Namun tahukah Anda bahwa masih ada banyak pemicu lainnya. Berikut beberapa diantaranya. Jangan sampai terlewat begitu saja.

1. Posisi Tidur Salah

Posisi tidur yang salah akan membuat Anda merasakan sakit pada pinggang kiri. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan posisi tidur agar tidak mengalami sakit tersebut. Bahkan hal ini jadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri di usia muda paling umum.

Ketika sudah terlanjur merasakan sakit pinggang kiri, Anda juga perlu memperhatikan posisi tidurnya untuk mengurangi keluhan. Adapun salah satu cara tidur sakit pinggang sebelah kiri ialah dengan posisi telentang supaya tulang belakang dalam keadaan lurus.

Bisa pula tidur dengan posisi meringkuk seperti janin. Solusi lainnya, tidurlah miring dengan bantal ada di antara lutut. Bantal ini bisa jadi penyangga lutut yang baik.

2. Gangguan Ginjal

Penyebab lainnya juga berkaitan dengan masalah kesehatan ginjal. Kondisi kesehatan ginjal yang menurun bisa memicu rasa sakit pada tubuh bagian kiri.

Sakit pinggang karena ginjal bisa terasa di salah satu atau bahkan kedua sisi pinggang yang dekat dengan panggul. Tepatnya ada di kanan ataupun kiri tulang belakang dan di antara bawah tulang rusuk serta pinggul.

3. Konstipasi

Pinggang sebelah kiri sakit seperti ditusuk-tusuk sampai ke perut biasanya karena disebabkan oleh konstipasi. Konstipasi itu sendiri ialah kesulitan untuk buang air besar. Bisa karena salah makan hingga kurang minum.

4. Skiatika

Penyebab yang satu ini tak kalah penting untuk Anda waspadai. Pada umumnya, hal ini berkaitan dengan adanya penekanan saraf di antara tulang belakang dan tungkai.

Syaraf terjepit karena penekanan tersebut bisa terjadi akibat gerakan yang menggeser bagian bantalan syaraf. Tidak heran apabila bagian pinggang kiri belakang jadi terasa nyeri.

5. Gangguan Ginekologi

Sakit pinggang sebelah kiri pada wanita biasanya karena gangguan ginekologi. Gangguan ini seperti halnya fibroid rahim dan endometriosis.

6. Ketegangan Otot

Mengangkat beban yang berat atau aktivitas berlebihan bisa membuat otot punggung jadi tegang. Tarikan yang jadi pemicu ketegangan otot dan urat di pinggang. Biasanya hal ini jadi penyebab sakit pinggang pada pria.

Baca Juga: Gejala Kelenjar Getah Bening yang Mengalami Kanker

Apabila hanya Anda biarkan saja, maka bisa memicu cedera hingga robek. Jika sudah demikian, Anda harus beristirahat hingga menjalani fisioterapi.

Obat untuk Sakit Pinggang

Saat mengalami sakit tersebut, Anda harus segera mendapatkan penanganan, salah satunya dengan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter. Nyatanya ada banyak jenis obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah sakit pinggang ini.

Adapun beberapa obat yang bisa Anda pakai untuk menyembuhkan sakit pinggang sebelah kiri ialah asetaminofen, nonsteroid, dan opioid. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan relaksan otot.

Relaksan otot ampuh sebagai anti nyeri. Untuk contoh obatnya seperti halnya tizanidine, metaxalone, dan cyclobenzaprine.

Ada juga anti depresan yang hanya bisa Anda peroleh sesuai dengan resep dokter. Mulai dari nortriptyline, imipramine, doxepin, desipramine, clomipramine, sampai dengan amitriptilin.

Tak hanya obat-obatan kimia, ada juga obat tradisional sakit pinggang sebelah kiri yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya saja jahe, kunyit, capcaisin, bawang putih, daun sirsak, hingga cherry.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Kiri

Sakit pinggang memang sangat menyiksa. Mau tak mau Anda pun harus segera mengatasinya.

Selain mengonsumsi obat dan periksa ke dokter, Anda juga perlu melakukan perawatan sendiri di rumah. Langsung saja, berikut beberapa caranya.

1. Olahraga Teratur

Salah satu cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri yakni dengan olahraga secara teratur. Hanya saja, Anda jangan sembarangan dalam memilih jenis olahraganya.

Hal ini lantaran ada beberapa jenis olahraga yang justru bisa memperparah kondisi sakit pinggang. Misalnya saja sit-up karena sangat membebani otot punggung.

Sebagai rekomendasi terbaik, Anda bisa rutinkan olahraga renang, pilates, dan bersepeda. Beberapa jenis olahraga tersebut fokus pada gerakan otot.

Karena itu, olahraga ini mampu meminimalisir risiko cedera punggung. Baik itu kejang otot maupun ketegangan otot.

Menguntungkannya lagi, kekuatan punggung juga bisa lebih baik sebagai hasil olahraga teratur. Agar hasilnya lebih cepat terlihat, lakukanlah olahraga tersebut dua kali seminggu.

2. Kompres

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sakit pinggang yaitu kompres hangat. Perawatan ini cukup sederhana sehingga mudah Anda lakukan.

Anda tinggal menaruh kompres hangat di bagian pinggang kiri selama 20 menit. Dengan mengompresnya, maka otot yang tegang bisa rileks dan lemas.

Kompres juga mampu melancarkan aliran darah yang ada di area pinggang sebelah kiri. Jangan heran jika keluhan sakit pinggang yang Anda rasakan langsung mereda.

Bisa lebih cepat sembuh jika Anda membiasakan untuk mandi dengan air hangat. Lakukan setiap hari sampai sakit pinggang sebelah kiri benar-benar hilang.

Soal kompres, Anda sebenarnya juga bisa menggunakan es. Kompres es tak kalah efektif dalam mengobati sakit pinggang daripada kompres air hangat.

Caranya pun relatif simpel. Bungkus dahulu es dengan handuk yang tipis. Lalu gunakan untuk mengompres pinggang sebelah kiri. Kompres es ini bisa Anda lakukan selama 15 menit.

3. Menggunakan Koyo

Sakit pinggang sebelah kiri juga bisa Anda sembuhkan dengan menggunakan koyo? Anda tentu sudah tak asing lagi dengan koyo bukan?

Baca Juga: Ciri-Ciri Gejala Diabetes, Ini 6 Tanda yang Wajib Anda Waspadai!

Untuk pemakaiannya, Anda hanya perlu menempelkan koyo di pinggang kiri. Koyo ini bisa berperan sebagai anti nyeri sehingga tak lagi merasakan sakit tersebut.

Mengenai ketersediaannya, koyo termasuk mudah Anda dapatkan karena beredar luas di pasaran. Koyo yang tersedia juga mengandung berbagai bahan anti nyeri.

Bahan-bahan tersebut seperti halnya salisilat, counterirritants, sampai dengan capsaicin. Tanpa adanya bahan-bahan penting tersebut, maka fungsi koyo jadi tidak maksimal.

Kini Anda tak perlu bingung lagi saat mengalami sakit pinggang sebelah kiri. Dengan menyimak uraian di atas, Anda bisa tahu penjelasan lengkap seputar gejala, penyebab, obat, hingga cara mengatasinya. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News