Selasa, Desember 5, 2023
BerandaBerita TerbaruBakteri Penyebab Gigi Berlubang, Umum Menyebabkan Masalah

Bakteri Penyebab Gigi Berlubang, Umum Menyebabkan Masalah

Bakteri penyebab gigi berlubang perlu untuk Anda ketahui. Ya, masalah gigi berlubang yang umum terjadi pada banyak orang seringkali disebabkan oleh bakteri. Gigi berlubang atau karies gigi sendiri merupakan salah satu masalah pada gigi yang banyak dialami oleh orang-orang.

Masalah pada gigi ini bisa menyerang siapa saja dari remaja sampai orang dewasa. Sebenarnya tidak hanya bakteri, sebab terdapat berbagai faktor lainnya sebenarnya membuat gigi menjadi berlubang. Tetapi, adanya pertumbuhan bakteri pada rongga mulut emang mau jadi penyebab utama terjadinya gangguan tersebut.

Baca Juga: Makanan Penyebab Gigi Berlubang Apa Saja? Batasi Konsumsinya!

Ada jenis bakteri yang bisa Anda temukan dalam plak gigi, lapisan tipis yang menutupi gigi. Bakteri tersebut berperan penting dalam proses pembentukan karies atau gigi berlubang.

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat, bakteri ini akan mengonsumsinya dan menghasilkan asam sebagai produk sampingan. Sehingga akhirnya merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang jika tidak diatasi.

Bakteri Penyebab Gigi Berlubang yang Tumbuh Pada Rongga Mulut

Gigi berlubang merupakan suatu kondisi saat gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luar sampai bagian dalam. Pengikisan gigi tersebut sampai membentuk lubang. Hal ini biasa terjadi karena pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Tidak hanya itu, gigi berlubang juga bisa terjadi karena sering mengonsumsi makanan manis sampai kebersihan mulut yang tidak terjaga. Gigi berlubang terjadi akibat proses penumpukan plak pada permukaan gigi. 

Plak ialah penampakan lapisan pada permukaan gigi dengan tekstur lengket dan bening. Lapisan ini berasal dari sisa makanan yang kemudian berubah menjadi zat asam karena bakteri atau mikroorganisme dalam mulut. Plak yang menumpuk bisa menebal sampai membentuk karang gigi. 

Nantinya zat asam pada plak juga akan mengikis lapisan enamel sampai dentin gigi. Hal ini tentu akan membuat gigi berlubang yang bisa saja terasa nyeri saat bakteri masuk dalam pembuluh darah.

Terdapat berbagai bakteri yang umum menjadi penyebab gigi berlubang yaitu seperti berikut ini:

Streptococcus Mutan

Bakteri penyebab gigi berlubang yang pertama yaitu streptococcus mutan. Streptococcus mutan menjadi bakteri yang umum menyebabkan masalah gigi berlubang. Tetapi, ketika kondisi imun sehat, bakteri tersebut tidak akan menimbulkan masalah pada gigi. 

Sebaliknya, ketika kondisi imun Anda buruk apalagi malas melakukan perawatan gigi maka bakteri tersebut akan mengakibatkan gigi berlubang. Perawatan pada gigi yang tidak maksimal bisa menyebabkan berbagai masalah yang terjadi, salah satunya gigi berlubang.

Odontomyces Viscoses

Odontomyces viscoses juga menjadi salah satu bakteri yang menyebabkan gigi Anda berlubang. Bakteri odontomyces viscoses akan menyerang bagian terluar agar gigi yaitu sementum. Bakteri tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah gigi, termasuk gigi berlubang yang semakin membesar. 

Gigi berlubang bisa menjadi lebih besar apabila akar gigi dalam keadaan terbuka. Masalah gigi berlubang karena bakteri odontomyces viscoses juga akan menimbulkan rasa nyut-nyutan dan nyeri pada gigi.

Lactobacillus Acidophilus

Bakteri penyebab gigi berlubang selanjutnya yaitu lactobacillus acidophilus. Lactobacillus acidophilus memiliki peran sekunder dalam proses terjadi gigi berlubang. Bakteri tersebut bersifat asidurik atau bisa hidup di mana saja termasuk dalam plak. 

Bakteri lactobacillus acidophilus umumnya membuat gigi berlubang pada usia anak-anak. Kelompok anak usia 3 sampai 12 tahun akan rentang mengalami gigi berlubang karena bakteri lactobacillus acidophilus.

Mencegah Pertumbuhan Bakteri Supaya Gigi Tidak Berlubang

Agar gigi tidak berlubang Anda perlu melakukan berbagai untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan salah satunya yaitu dengan sikat gigi secara rutin.

Menyikat gigi merupakan cara alami untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Dengan menyikat gigi secara rutin bisa membuat sisa makanan dalam mulut menjadi hilang. 

Sehingga kemungkinan bakteri yang bisa menyebabkan sakit berlubang tidak akan tumbuh. Anda bisa rutin melakukan sikat gigi minimal dua kali sehari. Selain itu, dalam menyikat gigi Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Kandungan fluoride pada pasta gigi bisa menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Fluoride juga dapat memperkuat enamel gigi agar tidak semakin rusak karena terkikis senyawa asam. Anda juga bisa rutin membersihkan mulut menggunakan obat kumur. 

Obat kumur mampu menjangkau bagian mulut yang tidak terjangkau menggunakan sikat gigi. Kandungan senyawa pada obat kumur juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri jahat dalam mulut. Dengan begitu gigi Anda bisa selalu dalam keadaan bersih dan sehat.

Nah, itu tadi beberapa bakteri penyebab gigi berlubang yang umum menyebabkan masalah. Beberapa bakteri tersebut terdapat pada rongga mulut dan akan menyebabkan gigi terdapat lubang. Supaya gigi tidak berlubang, Anda bisa melakukan berbagai perawatan kesehatan gigi. Gigi yang terawat dan selalu dalam keadaan bersih akan bebas dari berbagai masalah yang mungkin terjadi. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News