Selasa, November 28, 2023
BerandaBerita TerbaruHewan yang Berawalan Huruf Z Tak Hanya Zebra, Ini Daftarnya

Hewan yang Berawalan Huruf Z Tak Hanya Zebra, Ini Daftarnya

Hewan yang berawalan huruf Z mungkin terdengar sangat unik. Bagaimana tidak, jenis hewan dengan awalan huruf tersebut jumlahnya relatif sedikit. Apalagi jika kita bandingkan dengan nama-nama hewan lainnya dalam alphabet.

Z merupakan huruf yang terletak di ujung alphabet atau berada pada urutan ke-26. Posisinya yang paling akhir membuat huruf Z jarang manusia gunakan dalam perbendaharaan kata maupun istilah sehari-hari.

Baca Juga: Kucing Mendesis Jangan Disepelekan, Merasa Tidak Nyaman

Pilihan kata yang terbatas ini ternyata menjadikan ā€œZā€ memiliki daya tarik tersendiri. Begitu juga dalam penamaan hewan. Keterbatasan variasi nama hewan yang menggunakan huruf Z membuatnya lebih spesial.

Hewan yang Berawalan Huruf Z Selain Zebra

Ketika berbicara tentang hewan yang namanya berawal dari huruf Z, kalian pasti akan langsung menyebut zebra. Tidak salah memang, terlebih hewan dengan warna kulit hitam putih ini sangatlah populer di dunia.

Zebra sendiri merupakan hewan asli Benua Afrika yang masuk ke dalam genus Equus seperti kuda dan keledai. Pada umumnya, zebra banyak hidup di sisi timur dan selatan Afrika. Baik itu di kawasan padang rumput, daerah berhutan, hingga lahan semak-semak.

Mereka cenderung berpusat di kawasan yang banyak memiliki pepohonan hijau. Tujuan utamanya yakni menjamin ketersediaan makanan. Apalagi zebra merupakan golongan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Kendati menjadi hewan populer yang namanya berawalan dari huruf Z, ternyata zebra bukanlah satu-satunya. Di dunia ini masih ada beberapa jenis hewan lain yang memiliki awalan nama serupa. Adapun hewan-hewan tersebut antara lain:

1. Zorilla

Hewan yang Berawalan Huruf Z Tak Hanya Zebra, Ini Daftarnya

Hewan pertama adalah zorilla atau bandicoot. Hewan ini menjadi salah satu spesies predator asli Afrika dalam keluarga mustelidae. Tak hanya itu saja, zorilla mempunyai sub-famili Acinonychinae, membuatnya berhubungan erat dengan Grisons.

Secara fisik zorilla memiliki rupa yang tampak menyeramkan. Wajahnya penuh dengan bulu hitam dan bercak-bercak putih di pipi hingga dahi. Ekor zorilla berukuran panjang sekitar 30 cm dengan warna bulu putih bersih. Biasanya predator ini dapat tumbuh hingga 39 cm dan bobot mencapai 1.4 kg.

Berbeda dengan zebra, zorilla merupakan jenis hewan karnivora. Makanannya berupa tikus, ngengat, kadal, bahkan ular. Sementara tempat tinggalnya lebih banyak di kawasan hutan hujan atau semi gurun.

2. Zebu

Hewan yang berawalan huruf Z berikutnya adalah zebu. Pada dasarnya, zebu adalah versi jamak dari jenis sapi punuk India. Hewan yang biasa menjadi tunggangan ini juga memiliki daun telinga lebar dan dewlap berukuran besar.

Bagi sebagian masyarakat India, zebu berfungsi sebagai hewan perah. Sama seperti sapi, daging zebu juga bisa dikonsumsi. Tak jarang masyarakat memelihara zebu karena meyakini mereka sebagai hewan dengan makna religius.

Baca Juga: Fauna Tipe Asiatis yang Menghuni Bagian Barat Indonesia

Ciri khas paling menonjol dari zebu adalah kemampuan mereka dalam mempertahankan hidup. Konon katanya, mereka sangat pintar melawan berbagai parasit maupun serangan penyakit di lingkungan sekitar.

3. Zander

Di urutan ketiga ada zander atau pike perch. Jenis hewan yang berawalan huruf Z ini merupakan salah satu spesies ikan dengan sirip seperti pari. Zander biasanya hidup di perairan air tawar serta payau tepatnya kawasan Eurasia Barat.

Ikan zander sendiri pertama kali teridentifikasi pada tahun 1758 oleh Carolus Linnaeus. Berikutnya Lorenz Oken membuat genus khusus bernama Sander, dan zander ikut menjadi bagian dari di dalamnya.

Ikan ini memiliki keunikan, di mana para jantan dan betinanya membuat sarang khusus. Setelah ikan betina bertelur, para pejantanlah yang akan bertugas menjaga telur-telur tersebut. Biasanya para koki membuat zander untuk olahan fillet goreng, bakar, atau sup.

4. Zokor

Hewan yang Berawalan Huruf Z

Zokor menjadi salah satu jenis hewan yang berawalan huruf Z. Secara fisik, zokor memiliki tubuh yang mirip seperti tikus, bahkan mereka juga termasuk hewan pengerat. Konon katanya, zokor berasal dari China, Kazakhstan, dan Rusia.

Karakteristik lain dari zokor adalah matanya yang kecil dan tidak mempunyai daun telinga luar. Sama seperti tikus, hewan ini umumnya memakan biji-bijian atau umbi-umbian. Menariknya, bagian tulang zokor biasa masyarakat gunakan untuk pengobatan tradisional Tiongkok.

5. Ziege

Terakhir ada hewan ziege (Pelecus Cultratus) yang merupakan spesies ikan cyprinid asli Eropa Timur. Secara fisik, ikan ziege hampir menyerupai herring Baltik. Namun, ukuran badannya terkadang lebih besar yakni mencapai 40 cm.

Jenis ikan ini umumnya memakan zooplankton, krustasea, serta serangga terapung. Menariknya, mereka memiliki jadwal berkembang biak yang teratur yakni bulan Mei dan Juni. Mereka banyak hidup di perairan Eropa Timur.

Baca Juga: Hewan dengan Umur Terpendek, Salah Satunya Hanya 24 Jam

Nah, itulah beberapa jenis hewan yang berawalan huruf Z selain zebra. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian! (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News