Begini Kata Camat Langensari Soal Banjir di Sukanagara Banjar

Camat Langensari, Asno Sutarno, saat mengecek saluran air di wilayah Dusun Sukanagara, Desa Waringinsari, Kota Banjar. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Seringnya terjadi banjir di wilayah permukiman Dusun Sukanegara, RT.01, RW.01, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, akibat drainase yang ada tak berfungsi dengan baik, Camat Langensari, Asno Sutarno, mengaku pihaknya sudah sejak lama melaporkan hal itu dan mengajukan perbaikan kepada Dinas PU Kota Banjar.

“Ya, memang banjir di wilayah ini terjadi untuk kesekian kalinya, dan untuk sekian kali pula kami bersama Pemdes Waringinsari sudah mengajukan perbaikan saluran air kepada Dinas PU,” katanya, kepada HR Online, saat ditemui di lokasi banjir, Rabu (15/11/2017).

Dengan kondisi yang ada seperti ini, lanjut Asno, perlu dilakukannya perbaikan saluran air yang terintegrasi satu sama lain, sehingga bisa berfungsi dengan baik. Misal lorong jembatan yang berada di sebelah Timur, tepatnya di Dusun Kedungwaringin, mesti diperbaiki pula.

Pasalnya, lorong jembatan di daerah tersebut tersumbat dan menjadi salah satu penyebab aliran air tak lancar hingga imbasnya di wilayah Sukanagara terdampak luapan banjir.

Namun demikian, imbuh Asno, tersumbatnya lorong jembatan di area Dusun Kedungwaringin tak bisa dipakai alasan. Maka, selain upaya perbaikan saluran air yang sudah tersedia di sini, juga perlu adanya solusi, yakni pembuatan saluran air alternatif atau membangun lagi saluran baru di samping saluran yang sudah ada.

“Di luar itu, terjadinya banjir di sini dan berbagai titik lokasi lainnya akibat curah hujan yang memang sangat tinggi. Debit air yang tinggi, drainase yang ada tak mampu menampungnya sehingga meluap memenuhi kawasan permukiman sekitarnya,” pungkas Asno. (Nanks/R3/HR-Online)

Berita Terkait:

KOMENTAR ANDA