Agun Ajak Masyarakat Ciamis Jaga Islam & Pancasila

Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari Dapil Ciamis, Banjar, Kuningan dan Pangandaran, Agun Gunandjar Sudarsa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Anggota DPR/ MPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa, mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Ciamis untuk menjaga Islam dan Pancasila. Menurut Agun, Pancasila mencerminkan substansi nilai-nilai luhur ajaran agama. Karenanya, Pancasila mewajibkan warga negara untuk beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Hal itu disampaikan Agun pada kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di dua tempat berbeda, di Kecamatan Tambaksari dan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Minggu (16/09/2018).  

Lebih lanjut, Agun menuturkan bahwa konsep hablu minalloh dan hablu minannas terdapat dalam Pancasila dan pembukaan Undang-undang dasar. Pada sila pertama, pada kontek habluminalloh warga negara diwajibkan beriman.   

“Dalam kontek habluminannas, sebagai mahluk sosial kita diwajibkan menjalankan ajaran agama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sebagaimana terkandung dalam sila kedua sampai kelima,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Agun mengaku tidak ingin ada masyarakat Kabupaten Ciamis yang menjadi korban atau melakukan upaya propaganda dengan membenturkan antara Islam dengan Pancasila.

“Karena sesungguhnya, justru jika dibenturkan (Islam & Pancasila) akan melemahkan ummat Islam itu sendiri. Jangan juga membenturkan politik dengan agama, karena dalam Pancasila agama itu ruhnya semua kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk politik,” katanya.

Untuk itu, Agun meminta masyarakat menjaga Islam & Pancasila, dengan tidak membenturkan Islam dengan Pancasila atau memisahkan politik dengan Islam. (DSW/R3/HR-Online)

Loading...