Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisAgun Tegaskan, Pancasila itu Konsep Peradaban “Linuhung”

Agun Tegaskan, Pancasila itu Konsep Peradaban “Linuhung”

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua Fraksi Partai Golkar Majelis Permusyawaratan Rakyat Repbulik Indonesia (MPR RI), Agun Gunandjar Sudarsa, menegaskan bahwa Pancasila merupakan mahakarya para pendiri bangsa.

Agun menilai, Pancasila penuh dengan nilai luhur agama dan budaya bangsa. Menurut dia, Pancasila bukan sekedar sebagai ideologi dan dasar negara. Tapi juga merupakan konsep peradaban bangsa yang Linuhung (Agung/ Mulia/ Tertinggi).

Lebih lanjut, Agun menjelaskan, Pancasila mendasarkan nilai-nilai luhur ajaran agama sebagai pondasi paling mendasar. Yaitu Ketuhanan YME.

Selain itu, mendasarkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Mendasarkan nilai persaudaraan kekeluargaan dalam konsep persatuan. Mendasarkan konsep bermusyawarah untuk bermufakat. Dan nilai-nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Semua konsepsi itu adalah konsepsi nilai-nilai agung. Jika diamalkan oleh setiap warga bangsanya, maka akan terwujud sebuah peradaban manusia yang linuhung,” kata Agun, pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Ciamis, Senin (11/12/2018).

Agun menambahkan, karena dengan konsepsi itu semua warga bangsanya akan menjadi manusia manusia terbaik yang memiliki keluhuran karakter. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -