KPU Banjar Mulai Rakit Kotak Surat Suara Pemilu 2019

Beberapa petugas sedang merakit kotak surat suara Pemilu 2019 di di gudang logistik yang berada di Jalan Pangandaran, Lingkungan Tanjungsukur, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Foto : Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, Jawa Barat, sudah menerima beberapa item untuk pemilihan umum (pemilu) 2019. Item tersebut diantaranya kotak surat suara, serta sampul surat suara.

Namun untuk surat suara pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, sampai saat ini KPU Kota Banjar belum menerima. Selain surat suara, seluruh jenis formulir untuk tingkat TPS juga belum kunjung dikirim.

Pantauan HR Online di gudang logistik yang berada di Jalan Pangandaran, Lingkungan Tanjungsukur, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (6/2/2019), beberapa petugas tengah sibuk merangkai kotak suara dan melakukan pensortiran sampul surat suara.

“Sambil menunggu datangnya surat suara dan formulir, mulai hari ini kami melakukan pensortiran sampul surat suara dan perakitan kotak suara di gudang logistik,” ujar Ketua KPU Banjar, Dani Danial Muklis kepada HR Online.

Dani menambahkan, agar kualitas terjamin maka dalam proses perakitan kotak suara harus dilakukan dengan hati-hati dan disesuaikan dengan dengan petunjuk pelaksana.

Dia menjelaskan, bahwa untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019, kotak surat suara yang dibutuhkan adalah 3.170. “Proses perakitan pun dikawal dengan ketat oleh aparat kepolisian,” ucapnya.

Sementara saat pensortiran, Dani mengaku bahwa pihaknya menemukan kerusakan segel kotak dan formulir surat suara sebanyak 60 buah.

Pihak KPU Banjar berharap, surat suara, formulir dan penggantian segel bisa segera datang. Hal ini mengingat membutuhkan waktu untuk pensortiran dan distribusi. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA