Pasca Normalisasi Sungai Cikidang, Warga Pangandaran Ini Sambut Panen Raya

Areal sawah di Desa Pananjung yang siap panen pasca dilakukan normalisasi Sungai Cikidang. Foto: Mad/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pasca normalisasi Sungai Cikidang yang berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran yang dilakukan pemerintah, saat ini masyarakat mulai merasakan manfaatnya, terutama para petani.

Diketahui, para petani yang dilalui Sungai Cikidang di desa tersebut kerap kebanjiran dan terdampak rob dari laut akibat dangkalnya sungai. Bahkan, selama setahun mereka menanam 3 kali, hanya bisa merasakan panen sekali. Namun pasca dilakukan normaliasi, persoalan tersebut pun sudah bisa diselesaikan.

Kepala Desa Pananjung, Dedi Hermawan, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena masyarakat sebentar lagi akan panen raya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, tapi karena momen langka tersebut bisa dirasakan secara bersama-sama oleh masyarakat pasca normalisasi Sungai Cikidang.

“Anggaran pengerukan sungai ini kita ambil dari Dana Desa (DD) tahun 2017 dan 2018 yang mana masing-masing sebesar Rp 192 juta dengan panjang 1 kilometer,” kata Dedi kepada Koran HR, Selasa (12/03/2019).

Ia menambahkan, dari pengerukan sungai tersebut masyarakat yang merasakan manfaatnya antara lain di Dusun Bojongjati dan Karangsalam yang mana air laut saat ini tidak sampai ke area pesawahan.

“Biasanya di dua Dusun tersebut selalu gagal panen akibat pancaroba dan banjir. Sekarang lahan seluas 244 hektar ini bisa melakukan panen raya,” pungkas Dedi Hermawan.

Sementara itu, anggota Kelompok Tani Dusun Bojongjati, Hadi, mengatakan dirinya merasa bersyukur kepada Sang Pencipta dan juga atas kebijakan pemerintah yang mana bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Alhamdulliah kami siap panen raya dan hasilnya mudah-mudahan melimpah. Tentu saja ini berkat kebijakan pemerintah,” singkatnya. (Mad/Koran HR)

KOMENTAR ANDA