KTP Pemudik Harus DKI, 7 Bus Mudik Gratis Jakarta-Ciamis Masih Kosong

Mudik Gratis Jakarta-Ciamis
Dishub Kabupaten Ciamis menerima Tim Survey Mudik Gratis dari Jakarta di Terminal Ciamis, Kamis (16/5/2019). Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pendaftaran Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta ke Ciamis tinggal dua hari lagi. Dari 15 bus yang yang disediakan sebagai armada mudik gratis ke Ciamis, 7 bus diketahui masih kosong. Hal tersebut diduga karena para peserta mudik gratis Jakarta-Ciamis terkendala persyaratan yang mengharuskan mereka memiliki KTP DKI.

“Masih ada kuota kosong Bus Mudik Gratis tujuan Jakarta-Ciamis setengahnya, kalau gak salah masih kosong 7 bus. Tapi kalau untuk Balik sudah full, memang kalau untuk Balik hanya disediakan 7 bus,” ungkap Eddy Yulianto, Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis saat ditemui HR Online, Kamis (16/5/2019).

Menurut Edi cukup banyak warga Ciamis yang kini tinggal di Jakarta mengeluh. Salah satu yang dikeluhkan adalah persyaratan mudik gratis Jakarta-Ciamis, dimana peserta mudik harus sudah memiliki KTP DKI Jakarta.

“Banyak calon peserta mudik gratis Jakarta-Ciamis yang mengeluh karena KTP-nya belum dan bukan DKI, terutama mereka yang pekerja musiman,” ucapnya.

Eddy juga menjelaskan sudah ada tim dari mudik gratis Jakarta yang datang untuk melakukan survey. Survey tersebut dilakukan untuk mengecek kondisi Terminal Ciamis. Rencananya di Terminal Ciamis tersebut akan dijadikan tempat untuk bongkar muat sepeda motor pemudik yang diangkut 7 truk dari Jakarta.

“Selain melihat kondisi terminal, tim mudik gratis dari Jakarta juga bermaksud menentukan titik lokasi tempat pemberhentian bus dan kendaraan penyambung,” terang Eddy.

Dari keterangan Eddy diketahui, setiap bus armada mudik gratis Jakarta-Ciamis memiliki 50 kursi, total ada 750 kursi yang disediakan. Namun hingga 2 hari sebelum pendaftaran ditutup yang terisi baru 400 kursi. Masih ada 350 kursi yang kosong.  

Jika sampai batas waktu yang ditentukan masih ada kursi kosong, kata Eddy, maka hal tersebut akan diserahkan pada kebijakan Pemprov DKI, mengingat beberapa tujuan mudik gratis dari Jakarta lainnya justru masih kekurangan bus.

“Diimbau bagi warga yang mau ikut mudik gratis segeralah mendaftar, mengingat waktu sudah mau habis, kalau nggak salah itu tinggal dua hari lagi,” pungkasnya. (Her2/R7/HR-Online)