Gali Potensi Desa, PHBN di Pangandaran Dirayakan dengan Pentas Seni

pentas seni
Ronggeng Gunung menutup kegiatan pentas seni PHBN di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Rabu (14/8/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) HUT RI ke-74 di wilayah Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran dirayakan dengan cara berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, yakni dengan pagelaran pentas seni.

 “Wilayah yang luas di Kecamatan Padaherang ini membuat jajaran panitia dan Muspika sengaja menggelar pentas seni di hari kemerdekaan, tujuannya tiada lain untuk menggali segala potensi seni yang ada di masing masing desa di lingkungan Kecamatan Padaherang,” ujar Endang Mulyono, selaku Ketua Panitia PHBN Kecamatan Padaherang, Kamis (14/8/2019).

Sebelumnya, kata Endang, pihak panitia sudah menyampaikan rencana pentas seni tersebut ke desa-desa jauh jauh hari, maksudnya agar membawakan seni khas desanya masing-masing.

“Dipastikan pentas seni setiap desa berbeda, mengingat masing-masing desa memiliki karakteristik yang berbeda pula, salah satunya adalah Desa Panyutran yang identik dengan Ronggeng Gunung asli,” terang Endang.

Endang menjamin kemeriahan dalam menyambut hari kemerdekaan di Kecamatan Padaherang bakal mengalahkan kegiatan di tingkat kabupaten.

“Pentas seni di Kecamatan Padaherang ini bakal berlangsung selama tiga hari tiga malam,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Endis, salah seorang panitia PHBN Kecamatan Padaherang lainnya.

“Peserta dari masing-masing desa dibebaskan untuk mementaskan seni, yang terpenting tiap desa mengirimkan perwakilannya,” kata Endis yang menjabat sebagai panitia PHBN di bidang seni.

Endis menambahkan, penampilan seni dari masing-masing desa akan dinilai oleh juri yang transparan dan merupakan ahli di bidangnya.

Dari pantauan HR Online di lapangan, kegiatan pentas seni di lingkup Kecamatan Padaherang disaksikan oleh warga yang hadir menonton secara langsung.

Sementara peserta yang terpilih menjadi penampil terbaik, pihak panitia memberikan tanda penghargaan. Pagelaran pentas seni di Kecamatan Padaherang diakhiri dengan Pesta Ronggeng Amen yang diikuti oleh seluruh warga Padaherang yang hadir. (Entang/R7/HR-Online)