Dekorasi Rumah dengan Budget Terbatas, Bisa Dilakukan Sekarang Juga!

Dekorasi rumah dengan budget terbatas
Ilustrasi dekorasi rumah. Foto: Istimewa

Dekorasi rumah dengan budget terbatas adalah hal yang mustahil, kata siapa? Sebab, Anda sebenarnya juga bisa mendekorasi ulang hunian dengan cara yang ekonomis dan tanpa harus menguras isi tabungan di bank. Dengan begitu, Anda bisa melakukan dekorasi ulang kapan saja Anda menginginkannya agar nuansa dan tampilan di dalam rumah jadi makin menarik dan nyaman.

Di samping itu, dekorasi rumah dengan budget terbatas bisa bantu Anda menghemat bukan hanya uang, tapi juga waktu dan tenaga. Karena sebenarnya, ada berbagai tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk membuat perubahan besar di dalam hunian Anda.

Dekorasi Rumah dengan Budget Terbatas

Penasaran ingin mencari tahu lebih lanjut soal tips dan trik dekorasi rumah dengan budget terbatas atau irit? Simak ide-idenya berikut ini dan selamat mencoba!

Ganti Hardware

Pernahkah terlintas di pikiran Anda untuk mencoba mengganti keran, peralatan rumah tangga, atau bahkan handle pintu sebagai bagian dari proyek dekorasi ulang rumah? Kalau belum, Anda jelas perlu memikirkan ide ini dengan lebih serius.

Sebab, Anda bisa temukan pilihan yang relatif tak terbatas soal hardware rumah, dan banyak dari hardware rumah yang bisa diganti dengan biaya terjangkau.

Misalnya, Anda bisa ganti pegangan pintu di rumah dengan varian yang terbuat dari kuningan dan desain yang lebih minimalis. Atau, Anda juga bisa pertimbangkan ide untuk mengganti keran dengan model yang lebih baru dan desain yang ingin Anda coba. Ide dekorasi rumah dengan budget terbatas jelas jauh lebih praktis daripada harus membeli perabot baru atau mengganti lantai, kan?

Tambahkan Statement Wall

Coba lihat dinding ruangan yang ingin Anda dekorasi ulang; selain dicat atau digunakan untuk menggantung bingkai foto, sadarkah Anda bahwa dinding bisa dipercantik dan jadi pusat perhatian di ruangan? Nah, inilah yang akan Anda coba buat dengan menambahkan statement wall.

Dengan ide dekorasi rumah dengan budget terbatas ini, Anda bisa sekadar menambahkan bentuk-bentuk tertentu pada satu bagian dinding yang ingin Anda sulap jadi statement wall tanpa harus mengecat ulang. Atau, Anda bisa sekalian ubah warna satu dinding agar berbeda dengan warna dinding lainnya.

Cara lainnya adalah dengan menggantungkan berbagai foto dalam bingkai dengan beragam ukuran atau bahkan bentuk. Menempel poster berbingkai juga bisa jadi alternatif yang bisa Anda coba.

Ganti Tirai Jendela

Kalau ruangan diibaratkan sebagai sebuah foto, tirai adalah bingkainya. Jadi, sekadar mengganti tirai saja sudah cukup untuk mengubah ruangan Anda dengan memberikan efek yang signifikan, kok.

Di samping itu, Anda bisa memilih satu dari beragam pilihan tirai yang tak terbatas. Mulai dari tirai kain sampai kerai bambu, pilihannya bebas dan bahkan bisa memberikan kesan artistik.

Ubah Dinding Jadi Ruang untuk Pajangan

Menambahkan statement wall bukanlah satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk dekorasi rumah dengan budget terbatas sambil memanfaatkan dinding, lho! Karena sebenarnya, ada begitu banyak kemungkinan yang bisa Anda eksplorasi hanya dengan memberikan perhatian khusus pada dinding.

Salah satunya adalah menyulap dinding jadi ruang untuk karya seni atau pajangan. Cukup dengan memasang rak dinding saja, Anda pun bisa memanfaatkan space yang ada untuk memajang koleksi barang yang Anda miliki, lho!

Atau, kalau Anda punya hobi seni seperti menggambar dan melukis, atau fotografi, Anda bisa manfaatkan ruang kosong pada dinding untuk memajang hasil karya Anda. Dengan begitu, selain mendekorasi ulang ruangan, Anda sekalian menambah sentuhan pribadi yang pasti akan membuat ruangan jadi unik, kan?

Ganti Sprei

Bagaimana soal ide untuk dekorasi rumah dengan budget terbatas di kamar tidur? Sederhana, kok! Cukup ganti saja sprei, selimut, atau bedding set yang Anda gunakan untuk memberikan sentuhan baru ke dalam kamar tidur Anda! Apalagi, bedding memang perlu diganti secara teratur agar tidak ada tumpukan debu yang bisa mengganggu pernapasan Anda.

Di samping itu, pada dasarnya tempat tidur merupakan centerpiece dari semua kamar tidur. Jadi, perubahan apapun yang Anda lakukan pada tempat tidur pasti bisa memberikan perubahan yang signifikan.

Nah, dari ide-ide dekorasi rumah dengan budget terbatas di atas, mana yang paling menarik perhatian Anda? (R11/HR-Online)

Loading...