TNI Pecahkan Rekor MURI dari Tanam Mangrove se-Indonesia, Salah Satunya di Pangandaran

Rekor MURI
TNI pecahkan rekor dunia MURI dari tanam mangrove di seluruh Indonesia. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),–  Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendapatkan rekor MURI dari penanaman pohon mangrove yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Salah satu tempat penanaman pohon mangrove tersebut dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Penanaman pohon mangrove tersebut sengaja digelar dalam rangka HUT TNI yang ke-74 tahun. Ratusan ribu bibit mangrove ditanam secara serentak di tanah air.

Di Pangandaran, Danposal bekerjasama dengan pihak Muspida Kabupaten Pangandaran, Polri dan intansi vertikal lainnya menanam bibir mangrove di desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten pangandaran. 

Danposal Pangandaran, Kapten Toto mengatakan penghargaan yang diraih TNI tersebut merupakan kado di hari jadi TNI yang ke-74 tahun 2019.

“Seluruh jajaran TNI se-Indonesia serentak menggelar penanaman bibit pohon mangrove, termasuk di wilayah Kabupaten Pangandaran,” ujar Kapten Toto kepada HR Online, Rabu (9/10/2019).

Kegiatan penanaman mangrove di Pangandaran sendiri, kata dia, dilaksanakan di Muara Desa Karangjaladri dengan melibatkan sebanyak 400 orang lebih.

“Bibit mangrove yang ditanam sebanyak 4.500 bibit,” katanya.

Berita Terkait: TNI AL Gelar Karya Bhakti Tanam Mangrove di Parigi Pangandaran

Sementara itu, pada pemberitaan sebelumnya, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, ikut hadir dalam acara penanaman mangrove di Desa Karangjaladri.

Jeje mengaku senang atas ide dari TNI AL untuk menanam mangrove. Dia pun mengucapkan terima kasih sekaligus selamat kepada TNI yang berhasil meraih rekor MURI.

Lebih lanjut, Bupati Jeje dalam sambutannya, menuturkan, bahwa berdasarkan hasil penelitian, hutan mangrove mampu menyerap emisi karbon sebesar 4-5 kali lebih besar dari pada hutan daratan.

Dengan demikian, kata Jeje, keberadaan hutan mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca sebanyak 26 persen. Penanaman mangrove sangat berfungsi untuk menjaga keindahan alam sekaligus memperindah pantai di sekelilingnya.

“Alam senantiasa berkomitmen menjaga kita yang telah menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon mangrove,” katanya. (Entang/R7/HR-Online)