Bug Baru Facebook Ternyata Bisa Mengakses Kamera iPhone Secara Diam-diam

Bug Baru Facebook
Media sosial facebook. Foto: Istimewa

Bug baru Facebook perlu diwaspadai oleh pengguna iPhone karena bisa mengakses kamera secara diam-diam.

Sebagaimana yang diketahui, Facebook menjadi salah satu platform sosial media yang memiliki banyak pengguna. Kabar tersebut tentu saja membuat khawatir para penggunanya.

Selain iPhone, aplikasi ini sebenarnya juga bisa diakses menggunakan smartphone Android. Hanya saja, bug Facebook tak mengancam Android.

Bug Baru Facebook yang Dapat Mengakses Kamera iPhone

Facebook hadir di tengah-tengah masyarakat dengan membawa kecanggihannya. Namun siapa sangka bahwa kecanggihannya membuat anda lebih waspada.

Kini platform terkenal ini sudah digunakan oleh sekian juta pengguna di dunia. Entah itu untuk media komunikasi ataupun bisnis.

Hadirnya Facebook tentunya memudahkan para pengguna yang akan berkomunikasi jarak jauh dan mengakses berbagai berita.

Seperti yang diketahui bahwa Facebook tidak hanya sebagai media sosial saja, melainkan sebagai portal berita juga. Banyak berita populer atau viral yang ditayangkan melalui Facebook.

Hal ini yang membuat Facebook memiliki banyak pengguna. Tidak hanya itu saja, Facebook hadir dengan membawa fitur lamanya, seperti Facebook Messenger.

Namun terdapat kabar baru yang mencuat bahwa terdapat aktifitas aneh dari Facebook. Hal ini bermula dari Joshua Maddux yang mengungkapkan bahwa aktifitas Facebook mulai mencurigakan.

Keanehan tersebut dapat dirasakan dari akses kamera yang masih bekerja. Ketika Maddux akan membagikan sebuah video kemudian kameranya masih bekerja di latar belakang.

Dapat dikatakan bahwa hal tersebut karena adanya sebuah bug baru Facebook. Hal ini terjadi untuk para pengguna iPhone.

Kamera iPhone akan aktif pada saat pengguna mengakses video atau foto di Facebook. Bug yang ada pada ponsel iPhone ini tidak datang dengan sendirinya.

Setelah anda mengakses Facebook berupa video atau foto lalu mengembalikannya, maka bug tersebut aktif.

Kamera yang diam-diam diakses oleh Facebook memiliki tata letak yang berbeda. Kamera yang dimiliki akan terlihat lebih bergeser ke kanan.

Jenis iPhone yang Bisa Diakses Menggunakan Bug Baru Facebook

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa ada perbedaan tata letak kamera pada iPhone.

Tata letak akan sedikit bergeser ke kanan sehingga akan ada celah pada bagian kiri. Pengguna dapat melihat kamera iPhone yang sedang aktif di latar belakang.

Namun akses diam-diam oleh Facebook ini terjadi pada beberapa jenis iPhone. Menurut Joshua Maddux kejadian ini terjadi pada 5 perangkat iPhone dengan iOS13.2.2.

Namun ancaman bug baru Facebook ini tidak terjadi pada iPhone yang memiliki iOS 12.2. Sebenarnya hal ini terjadi karena terdapat perizinan pengguna untuk Facebook.

Jika ditelusuri, memang sebelumnya akan ada pesan dari Facebook yang meminta izin untuk mengakses perangkat.

Apabila anda memberikan izin tersebut, maka Facebook bisa mengakses kamera bahkan file yang anda miliki.

Hal ini terjadi karena pengguna iPhone telah merasakan hal tersebut. Memang sudah terbukti pada 5 perangkat iPhone yang mengalami bug Facebook.

Bug Baru Facebook yang Perlu Diwaspadai

Facebook memang aplikasi sosial media yang telah memiliki keamanan. Selain itu, Facebook juga nyaman untuk digunakan.

Orang yang menggunakan Facebook memang tidak akan merasakan bahwa ada kejadian aneh dari Facebook. Apalagi ketika tengah asyik mengakses beberapa unggahan di Facebook.

Padahal setelah anda mengakses unggahan foto atau video, maka bug baru Facebook akan aktif dan mengakses kamera secara diam-diam.

Namun setelah kejadian aneh yang menimpa pengguna iPhone, maka tidak ada salahnya jika hal tersebut perlu diwaspadai.

Meskipun kini hanya iPhone dengan basis iOS tertentu saja yang diakses, namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada.

Anda harus lebih jeli dan teliti ketika Facebook meminta sebuah izin untuk mengakses perangkat atau kamera.

Kini teknologi smartphone semakin canggih sehingga membuat semua kegiatan menjadi lebih mudah. Hal ini juga berdampak pada akses data diri atau identitas.

Beberapa aplikasi canggih yang ada di dalam smartphone terkadang membutuhkan sebuah perizinan. Namun tanpa sadar, anda langsung memberikan izin tersebut.

Hal inilah yang perlu diwaspadai. Sebab terkadang ada beberapa aplikasi yang memiliki bug tersembunyi. Bug baru Facebook bisa digunakan untuk mengakses data diri secara diam-diam. (R10/HR-Online)

Loading...