Aplikasi WeChat Pay Dapat Beroperasi di Indonesia

Aplikasi WeChat Pay
Aplikasi WeChat Pay. Foto: Istimewa

Aplikasi WeChat Pay yang merupakan platform pembayaran berasal dari China mulai akan beroperasi di Indonesia secara legal.

Kini orang-orang akan dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam pembayaran. Misalnya saja, saat akan membayar makanan, minuman, transaksi belanja, dan menyewa hotel.

Handphone dapat dipakai untuk berbagai transaksi pembayaran dengan teknologi QR atau Quick Response Code pada merchant yang telah melakukan kerja sama.

Aplikasi WeChat Pay Secara Legal Dapat Beroperasi di Indonesia

Pada awalnya, layanan WeChat hanya digunakan untuk mengirim pesan saja. Akan tetapi, mulai berkembang dengan fungsi untuk melakukan pembayaran yang lebih dikenal dengan nama WeChat Pay.

Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 15 negara. Layanan ini telah memudahkan banyak orang untuk melakukan transaksi, seperti memesan makanan dan minuman, transfer uang, belanja online dan membayar taksi.

Bank Indonesia atau BI telah melegalkan aplikasi WeChat Pay untuk beroperasi di Indonesia. BI telah memberikan izin kepada perusahaan pembayaran elektronik WeChat Pay dari China.

WeChat Pay wajib memenuhi sejumlah ketentuan dai Peraturan Anggota Dewan gubernur atau PADG Nomor 21/18/2019. Peraturan tersebut mengenai Implementasi Standar Nasional Quick Response Code dalam melakukan pembayaran.

Telah disebutkan dalam PADG jika Penyelenggara Jasa Pembayaran atau PJSP asing harus melakukan kerja sama dengan Buku IV jika akan masuk PJSP domestik.

Transaksi QR Code Pembayaran  yang memakai sumber dana dari instrumen pembayaran  di luar wilayah NKRI harus melakukan kerja sama dengan bank BUKU IV.  Hal tersebut telah ditegaskan dalam pasal 18 dan 19.

Bank BUKU IV mempunyai peran untuk jadi acquire untuk memproses transaksi oleh para penerbit asing dalam kerja sama dengan PJSP. Dana mengendap juga harus ditampung di bang BUKU IV minimal 30%.

Keuntungan Aplikasi WeChat Pay

Tahun lalu dompet digital dari China bernama WeChat Pay mulai populer. Aplikasi pembayaran tersebut digunakan turis dari China yang berada di Indonesia.

Namun, tahun ini Bank Indonesia telah mengambil langkah untuk mengizinkan WeChat Pay beroperasi di Tanah Air.

Adanya aplikasi tersebut akan memberikan banyak keuntungan. Potensi kunjungan turis mancanegara khususnya dari China akan lebih banyak.

Karena kebanyakan dari turis tersebut akan menemukan banyak kemudahan di Indonesia dengan aplikasi WeChat Pay.

Pada tahun 2018 wisatawan dari China yang berkunjung ke Indonesia mencapai 2,1 juta orang. Kemungkinan pada tahun berikutnya akan terus mengalami peningkatan.

Hal tersebut dikarenakan mereka akan lebih familiar dengan sistem pembayaran yang sudah sering dilakukan di negara asal.

Kenyamanan pembayaran ini akan menjadi salah satu andalan untuk para turis dari China. Kemudahan saat membayar hotel, belanja, dan restoran akan didapatkan dengan Wechat Pay.

Sebagai bank sentral, BI memang sudah selayaknya melakukan regulasi dan pengawasan dalam kegiatan seperti pembayaran digital dari negara lain.

Banyaknya wisatawan asing yang memakai alat pembayaran digital, dapat menyesuaikan kurs juga akan mendapat banyak kemudahan saat berada di negeri orang.

Cara Daftar Aplikasi WeChat Pay

Untuk melakukan registrasi WeChat Pay, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan. Pertama, siapkan smartphone dengan WeChat versi CN.

Kemudian persiapkan akun WeChat dan kartu kredit yang mendukung Mastercard atau Visa untuk dapat melakukan pembayaran.

Bisa juga dengan rekening bank China agar dapat melakukan isi ulang dompet dan melakukan pembayaran real time.

Cara daftarnya cukup mudah, bukalah akun WeChat anda dan klik ME pada sudut kanan bawah. Jika sudah, pada bagian atas WeChat Pay klik.

Kemudian klik Bank Cards dan pilih untuk menambahkan kartu kredit atau rekening bank ke akun anda. Namun, saat ini aplikasi WeChat Pay hanya menerima Mastercard atau Visa saja.

Jika rekening bank atau kartu kredit telah anda isikan, maka tetapkan kata sandi untuk dapat memverifikasi pembayaran.

Pendaftaran selesai,  anda dapat membayar via kartu kredit atau bank yang dihubungkan ke WeChat Pay.

Melakukan transaksi dengan pembayaran digital saat ini makin populer. Banyak teknologi canggih yang dapat dimanfaatkan seperti QR Code.

Aplikasi pembayaran dengan menggunakan QR Code semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Berbagai kemudahan membuat orang tidak sadar telah banyak mengeluarkan biaya, misalnya saja dalam berbelanja. Manfaatkan aplikasi WeChat Pay sebaik mungkin jika memilikinya agar tepat guna. (R10/HR-Online)

Loading...