Komisi 1 DPRD Pangandaran Soroti Musrenbang

Komisi 1 DPRD Pangandaran
Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Pangandaran, Solihudin. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Pangandaran, Solihudin, menyorot Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan agar dijadikan ajang memasukkan gagasan dan ide pembangunan.

Menurut Solihudin, ide pembangunan itu harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) wilayah pengembangannya, serta peningkatan SDM di Desa dalam penyusunan RAPBDes agar tepat waktu.

Solihudin menjelaskan, Kecamatan Padaherang dan Mangunjaya merupakan wilayah pengembangan 1  atau WP 1 yang fungsi utamanya merupakan lumbung padi di Kabupaten Pangandaran.

“Jadi, semua program yang diusulkan harus selaras dengan Perda RTRW, baik masalah kesehatan, keamanan serta lainnya,” ujar Solihudin.

Selain masalah itu, penanganan banjir yang masih sering terjadi, penyediaan benih dan pupuk, serta peningkatan SDM dan jalan pertanian juga perlu menjadi gagasan yang harus diperjuangkan di Musrenbang.

Tak hanya itu, Solihudin juga meminta agar program-program yang sudah digulirkan pemerintah daerah dievaluasi kembali, apakah sudah sesuai harapan dan tepat sasaran atau masih menyisakan persoalan.

“Komisi 1 DPRD harap kepada desa yang telat menandatangani RAPBDes harus dihilangkan alias Desa itu harus bisa tepat waktu. Sebab, sejauh ini dalam menyusun RAPBDes banyak yang telat dan belum ada sanksinya,” pungkas Solihudin. (Mad/Koran HR)

Loading...