Rabu, Mei 25, 2022
BerandaArtikelFitur Ultra Quiet Mode, Inovasi Terbaru Lenovo Khusus Untuk Laptop

Fitur Ultra Quiet Mode, Inovasi Terbaru Lenovo Khusus Untuk Laptop

Fitur Ultra Quiet Mode kabarnya tengah diuji coba oleh Lenovo. Fitur ultra ini mempunyai fungsi untuk mengurangi suara yang dihasilkan oleh mesin pada laptop ketika sedang dipakai.

Kabar mengenai fitur baru untuk line up laptop ini pertama muncul di Webio. Setelah ada orang yang mengunggah sebuah foto tentang aktifnya fitur tersebut.

Fitur Ultra Quiet Mode Garapan Lenovo

Ketika desain laptop saat ini semakin tipis dan ringan, kipas otomatis akan menjadi lebih kecil. Tetapi, masih banyak pengguna yang mengeluhkan mengenai suara kipas yang terlalu tajam atau berisik.

Bahkan banyak yang mengklaim jika suara yang didengar berasal dari komponen elektronik. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Lenovo sedang menguji fitur yang inovatif.

Ultra Quiet Mode merupakan solusi paling tepat bagi pengguna yang sangat sensitif terhadap keberisikan elektronik.

Fitur Ultra Quiet Mode ini bisa diaktifkan melalui pengaturan BIOS pada laptop. Bila sudah aktif, maka laptop akan disesuaikan secara dinamis menggunakan fitur tersebut.

Mode Ultra Quiet akan berpengaruh pada kipas CPU. Jika diaktifkan, maka kipas CPU akan ikut masuk mode tersebut bila kinerjanya dirasa sangat berat.

Namun, bila CPU laptop perlu pendinginan, maka kipas akan berfungsi secara normal. Putaran kipas yang dihasilkan laptop kadang membuat banyak orang merasa kurang nyaman.

Untuk itu, fitur terbaru akan mengakomodasi ketenangan dan keheningan bagi para pengguna laptop Lenovo.

Upaya Lenovo untuk terus menarik banyak pengguna telah dilakukan dengan berbagai cara.
Termasuk diantaranya adalah dengan melakukan uji coba terhadap Ultra Quiet Mode.

Uji Coba Mode Ultra Quite

Uji coba fitur Ultra Quiet Mode merupakan langkah besar para raksasa PC agar mendapatkan pengguna yang semakin banyak. Pengiriman PC global naik dari tahun ke tahun sekitar 2,7%.

Pada tahun 2019 menjadi 266,7 juta unit, kenaikan terjadi pada tahunan pertama sejak 2011. Hal tersebut berdasarkan data yang telah dirilis oleh IDC.

Namun, kini Lenovo semakin di depan dengan pangsa pasar 24,3% pada 6,8 juta PC. Handphone mempunyai pangsa pasar 23,6% dengan 62,9 juta.

Dell dengan pangsa pasar 17,5% pada 46,5 juta unit dan Apple memiliki pangsa pasar 6,6% pada 17,9 juta. Sementara Acer Group memiliki 6,4% pangsa dengan 17 juta.

Tips Mengatasi Kebisingan pada Laptop

Kebisingan pada laptop kebanyakan disebabkan oleh kipasnya. Namun, kini ada fitur terbaru dari Lenovo yang akan mengatasi hal tersebut.

Fitur Ultra Quiet Mode  adalah fitur terbaru yang tengah digarap Lenovo. Menggunakan laptop memang butuh ketenangan.

Suara yang berisik dapat memecah konsentrasi bagi penggunanya. Anda tidak bisa mengabaikan hal tersebut karena dapat mengurangi produktivitas kerja. Maka segera cari tahu apa penyebabnya dan bagaimana solusinya.

Biasanya kebisingan pada kipas terjadi jika beban kerja prosesor terlalu berat. Suhu prosesor akan terus naik bila harus bekerja di luar kapasitas kemampuan.

Laptop akan menjadi panas, suara berisik akan timbul bila baling-baling kipas bekerja lebih kencang.

Untuk itu, anda perlu mengetahui spesifikasi laptop dan menggunakannya dengan aplikasi atau program yang tidak melebihi kapasitas.

Fitur Ultra Quiet Modemerupakan fitur inovatif dari Lenovo, bila diaktifkan akan berpengaruh pada kipas CPU. Namun, bila membutuhkan pendinginan, maka kipas tersebut akan berfungsi seperti biasanya.

Suara berisik yang disebabkan oleh kipas juga dapat diantisipasi dengan membersihkannya secara berkala. Jangan tunggu sampai ada kotoran menumpuk pada kipas.

Karena hal tersebutlah yang menjadi salah satu keberisikan. Terutama adanya debu atau rambut yang menghambat kipas untuk mendinginkan hardware pada laptop.

Lubang ventilasi laptop dan kipas harus dibersihkan secara rutin. Komponen kipas jika digunakan dalam jangka waktu yang lama juga bisa mengalami kerusakan.

Gantilah kipas dengan tingkat kecepatan yang dapat diatur. Serta telah mendukung modulasi kecepatannya melalui program yang tersedia.

Kapan fitur Ultra Quiet Mode akan mulai dirilis belum dapat dipastikan. Begitu pula dengan efek samping dari penggunaan fitur ini jika diaktifkan juga belum dapat diketahui.

Nantikan kehadiran fitur terbaru garapan dari Lenovo ini bagi anda yang sensitif terhadap kebisingan. Keheningan saat menggunakan laptop tidak bisa anda abaikan begitu saja karena akan menghambat aktivitas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -