Dibalik Darurat Corona, Giat Pengajian di Desa Ciakar Ciamis Tetap Dilaksanakan

Dibalik darurat corona, giat pengajian di Desa Ciakar Ciamis tetap akan dilaksanakan.
Dibalik darurat corona, giat pengajian di Desa Ciakar Ciamis tetap akan dilaksanakan. Foto: Ilustrasi.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Dampak diberlakukannya darurat virus Corona (Covid-19) yang tak hanya meliburkan anak sekolah dan adanya himbauan social distancing, kegiatan keagamaan pun dibatasi sehingga mengakibatkan kepanikan di masyarakat.

Meski demikian, acara pengajian bulanan di Masjid Al-Arap, Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tetap akan dilaksanakan seperti biasanya.

Kepala Desa Ciakar, Kamil Hasan, melalui Sekdes Ciakar, Solihin, mengatakan, pengajian bulanan di Desa Ciakar merupakan program rutin yang pelaksanaannya setiap satu bulan sekali digilir ke tiap dusun.

“Untuk bulan ini pelaksanaannya giliran di Dusun Sindangjaya. Dalam kegiatan tersebut hampir seluruh masyarakat Desa Ciakar hadir. Meskipun saat ini diberlakukan darurat Corona, pengajian bulanan tetap akan dilaksanakan, yanki pada hari Minggu 22 Maret nanti,” terang Solihin, saat ditemui HR Online, di ruang kerjanya, Jum’at (20/03/2020).

Solihin juga mengatakan, para ulama di Desa Ciakar telah melakukan rapat terkait hal itu. Hasil musyawarah para ulama disepakati bahwa pengajian bulanan tetap dilaksanakan.

Sulaeman Nurdjamal, tokoh masyarakat setempat, menambahkan, dengan diberlakukannya darurat Corona, tak bisa dipungkiri hal itu telah membuat kepanikan di masyarakat, terutama bagi masyarakat yang awam.

Sedangkan, terkait dengan pengajian bulanan yang akan dilaksanakan, menurut Sulaeman, memang ada khawatiran, sebab masyarakat yang di luar kota pasti datang.

“Kekhawatiran itu dikarenakan satu sama lainnya tidak ada yang tahu mana orang yang terindikasi Virus Corona. Untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus, maka social distancing harus diinformasikan dulu ke masyarakat,” ujarnya. (Dji/R3/HR-Online)

Loading...