Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariHoaks Penyemprotan Racun Pembasmi Corona dari Malaysia dan Singapore Resahkan Warga Ciamis

Hoaks Penyemprotan Racun Pembasmi Corona dari Malaysia dan Singapore Resahkan Warga Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Warga Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat diresahkan dengan adanya postingan di media sosial Facebook yang memberikan informasi terkait adanya penyemprotan racun pembasmi Corona yang akan dilontarkan pada pukul 23.00 WIB malam nanti, Minggu (22/3/2020).

Informasi HR Online di lapangan, kegelisahan warga Banjarsari terus bertambah terkait adanya virus Corona Covid-19 dan makin menjadi setelah adanya postingan tersebut.

Salah satu postingan dari akun Facebook milik Yani Topan yang meng-upload informasi terkait akan adanya penyemprotan racun Corona secara massal.

Dalam postingannya disebutkan malam ini akan dilakukan penyemprotan racun Corona secara massal oleh negara Malaysia dan Singapura.

“Pemberitahuan bahwasanya nanti malam pada pukul 23:00 WIB agar kita tidak ada yang keluar rumah, jika ada menjemur pakaian atau makanan segera diangkat dibawa masuk, karena mulai pukul 23:00 WIB akan ada penyemprotan racun untuk virus Corona dari Malaysia dan Singapore melalui udara. Bila besok pagi hujan jangan keluar rumah dulu sampai hujan berhenti. Mohon beritahukan kepada keluarga, sahabat atau tetangga bapak ibu sekalian. Terimakasih.” Demikian isi postingan yang diunggah oleh beberapa akun.

Sontak saja hal itu menjadi tanda tanya bagi warga Banjarsari. Seperti dikatakan Herman Sugianto. Menurutnya, imbauan tersebut membuat saat ini membuat resah warga terlebih warga seperti dirinya bertanya-tanya dari mana asal pusat informasi tersebut didapat.

“Saya sebagai masyarakat menyayangkan adanya info tersebut. Jika benar itu tidak apa apa namun jika informasinya tidak berdasar kan bisa menjadi kepanikan bagi warga, sialnya informasi itu selain di Facebook tersebar juga via WhatsApp,” katanya.

Hoaks Penyemprotan Racun Pembasmi Corona Tersebar juga di WhatsApp

Pantauan HR Online, bukan hanya di Facebook, namun kabar tersebut juga menyebar di grup WhatsApp serta banyak diposting di status WhatsApp.

Bahkan dalam beberapa postingan, ada informasi tambahan yang dicantumkan. Informasi terkait penyemprotan racun pembasmi Corona itu berasal dari WHO.

Berdasarkan penelusuran HR Online dari berbagai situs resmi pemerintah maupun situs WHO, tidak ada informasi terkait penyemprotan racun pembasmi Corona dari Malaysia dan Singapore. Sehingga bisa dipastikan info tersebut adalah hoaks atau kabar bohong. (Suherman/R7/HR-Online)

- Advertisment -