Ketersediaan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19 di Kota Banjar Aman

Ketersediaan Pangan
Kabid Ketahanan Pangan DKP3 Kota Banjar, Nanan Rohanan. Foto: Aji/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar mengungkapkan ketersediaan pangan selama pandemi covid-19 dipastikan aman.

Menurut Kabid Ketahanan Pangan, Nanan Rohanan, ketersediaan beras terhitung 17 Juni 2020 masih surplus untuk 5 bulan ke depan. Artinya, Kota Banjar masih bisa mencukupi ketersediaan pangan beberapa bulan ke depan.

Meski pada musim panen kemarin sawah para petani sebagian diserang hama, kata Nanan, namun dampaknya tidak begitu besar.

“Kebutuhan di Kota Banjar per harinya itu sebanyak 55,3 ton. Melihat ketersediaan, kita optimis masih mencukupi hingga 5 bulan yang akan datang. Tak hanya beras, bahan pangan dari luar daerah seperti Bawang Merah, Bawang Putih, Cabe dan lainnya juga masih lancar,” kata Nanan kepada HR Online, Rabu (17/6/2020) lalu.

Guna memastikan di lapangan bisa berjalan sesuai dengan harapan, lanjutnya, pihaknya selain selalu melaporkan ke Kementrian, petugas di lapangan juga terus memantau kondisi secara riil.

Pihaknya pun mengimbau agar warga bisa menanam lahan yang ada di sekitar rumah dengan tanaman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Seperti halnya bawang merah, di kita sebenarnya sudah ada yang produksi, tapi belum mampu mencukupi permintaan di pasar. Namun ini menjadi contoh bagi kita semua untuk memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita,” imbuhnya.

Percepatan Tanam

Dalam wabah yang belum diketahui kapan berakhirnya, Dinas Pertanian mengharapkan agar para petani cepat-cepat menanam agar meminimalisir kerawanan pangan beberapa bulan yang akan datang.

Selain itu, kulitas padi yang ditanam pun diharapkan yang memiliki kualitas baik, sehingga tahan terhadap serangan hama. Sementara di areal sawah tadah hujan bila belum memungkinkan untuk ditanami, maka bisa menanam palawija sebagai alternatifnya.

“Paling penting adalah kita selalu menjaga kesehatan dan mematuhi anjuran pemerintah di samping kita bisa memanfaatkan waktu di rumah untuk menanam berbagai tanaman yang bermanfaat untuk sehari-hari. Sehingga ketersediaan pangan di kita pun menjadi aman,” pungkasnya. (Aji/R6/HR-Online)

TCL
Loading...