Dukung Ketahanan Pangan, Forkopimda Lakukan Gerakan Tanam Pohon di Area Lapas Banjar

Dukung Ketahanan Pangan, Forkopimda Lakukan Gerakan Tanam Pohon di Area Lapas Banjar
Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, bersama Kapolres dan Kalapas Kelas II B Kota Banjar, saat penanaman pohon di area Lapas Banjar. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, bersama Kapolres Banjar, AKBP Melda Yanny, dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banjar, Bawono Ika Sutomo, beserta jajaran Forkopimda, mengadakan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) di area Lapas Kota Banjar, Selasa (07/07/2020).

Gerakan menanam pohon tersebut sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan, dan melestarikan lingkungan dengan cara pengelolaan serta pemanfaatan lahan.

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, mengatakan, kegiatan pemanfaatan lahan atau GTPP jangan hanya fokus pada penanaman saja, tapi harus dibarengi dengan perawatan atau pemeliharaan.

Sehingga, penanaman pohon sebagai upaya ketahanan pangan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama untuk mendorong daya beli dan peningkatan sektor ekonomi.

“Gerakan tanam pohon ini harus bisa berdampak positif pada sektor ekonomi dan mendukung upaya ketahanan pangan di Kota Banjar,” kata Ade Uu.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Lapas Kelas II B Banjar, Bawono Ika Sutomo, mengatakan, penanaman pohon serentak sejalan dengan program kemandirian Lembaga Pemasyarakatan. Hal ini sebagai upaya melatih kemandirian warga binaan dalam bidang pertanian.

Ia juga mengatakan, selain pemanfaatan lahan, selama ini para warga binaan juga diberikan pelatihan budidaya peternakan, ketrampilan atau skill, serta, kegiatan yang sifatnya menunjang keahlian warga binaan.

“Kami memanfaatkan lahan yang ada di area Lapas Banjar ini untuk program ketahanan pangan. Hari ini ada 1.000 jenis pohon yang kami tanam,” terang Bawono Ika Sutomo, kepada awak media.

Akan Tanam 2500 Pohon di Lereng Perbukitan Lapas Banjar

Rencana ke depannya, pihak Lapas juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan dan Balitbang Agroforesti untuk penanaman 2.500 pohon, termasuk tanaman keras di lereng perbukitan kawasan Lapas Banjar.

Selain itu, juga mengembangkan kembali taman keanekaragaman hayati (Taman Kehati) di area bawah Lapas, agar keindahan dan fasilitas yang ada saat ini bisa dinikmati oleh warga masyarakat.

“Setelah ini kami akan berkoordinasi untuk penanaman 2.500 pohon. Termasuk penanaman di area Taman Kehati,” kata Bawono Ika Sutomo.

Sementara itu, Kapolres Banjar, AKBP. Melda Yanny, menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi Kepala Lapas Kelas II B Banjar yang sudah menyelenggarakan kegiatan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP), dalam mendukung program Ketahanan Pangan di Kota Banjar.

Menurutnya, program tersebut sejalan dengan program prioritas Presiden RI, dalam upaya menciptakan negara tangguh dalam segi ketahanan pangan dan bidang ekonomi.

“Dengan penanaman ini, kita wujudkan ketahanan pangan untuk membantu ekonomi masyarakat,” imbuh AKBP. Melda Yanny. (Muhlisin/Koran HR)

Loading...