Negara Tertua di Dunia, Ada yang berdiri Sejak 3100 SM

Negara Tertua
Ilustasi Negara Tertua. Foto: Net/Ist

Negara tertua telah ditemukan dan dibuktikan berdasarkan penelitian. Negara yang diteliti arkeolog bahkan ada yang berdiri sejak 3.100 tahun sebelum masehi.

Hal ini telah membuktikan kalau peradaban manusia sudah mulai terbangun sejak lama, adanya pelacakan sejarah peradaban tersebut memberikan gambarannya.

Meskipun manusia telah lama ada dan hidup dengan caranya masing-masing, bahkan lebih dari 3.100 SM sejak awal berdirinya sebuah wilayah.

Namun, tidak adanya sistem dan hal-hal yang dapat membuktikan cara mereka bertahan hidup menjadikan berbagai hal dalam sejarahnya sulit untuk dilacak.

Pelacakan terhadap negeri di dunia ini menjadi salah satu di antara sumbangsih para ilmuwan terhadap peradaban manusia, di mana sejarah merupakan cerminan.

Negara Tertua di Dunia

Nah, apa saja negeri di dunia yang sudah memulai membangun peradabannya sebelum banyak Negara lain seperti sekarang ini berdiri, berikut sejarahnya.

1. Mesir

Mesir merupakan Negara paling tuadi dunia yang berdiri sejak tahun 3.100 sebelum masehi dan sejarah peradaban Mesir dimulai dari sana.

Meskipun terdapat beberapa bukti bahwa orang-orang Mesir telah hidup dan bermukim di lembah Sungai Nil.

Tidak adanya tatanan peradaban membuat sejarahnya sulit dilacak dan bukti-bukti yang menunjukan peradaban orang Mesir sebelum itu sangat minim.

Oleh karena itu, banyak literatur yang menyebutkan kalau awal peradaban bangsa mesir dimulai pada masa itu, yang dipimpin oleh raja bernama Raja Menes.

Bukti jelas peradaban mesir adalah adanya piramida yang sampai saat ini telah menjadi salah satu keajaiban dunia dan telah membuatnya menjadi Negara tertuadi dunia.

Baca Juga: Negara Paling Bahagia di Dunia, Finlandia Peringkat Pertama, Indonesia?

2. Tiongkok

Setelah Mesir, Negara paling lama adadi dunia selanjutnya adalah Tiongkok yang berdiri sejak kisaran tahun 2.070 – 1.600  sebelum masehi.

Sistem yang digunakan Tiongkok pada awal berdirinya adalah dinasti, dengan dinasti pertama bernama Xia.

Sebelumnya keberadaan dinasti Xia, sempat diragukan karena bukti adanya dinasti tersebut sangatlah sedikit sebelum adanya penelitian pada tahun 1960-1970.

Cerita dinasti Xia sebagai dasar Tiongkok menjadi salah-satu negara tertuadi dunia mulanya berkembang sebagai cerita turun-temurun.

3. India

Dimulai dari peradaban Lembah Indus, di mana banyak manusia sudah banyak yang tinggal di wilayah Benua India sejak tahun 3.300 sebelum masehi.

Orang-orang di lembah tersebut disebut-sebut sebagai sekelompok manusia pertama yang menciptakan peradaban kota.

Namun, tidak adanya tatanan yang mengatur peradaban itu membuatnya tidak bisa disebut sebagai Negara pertama-tama.

Sementara, India sendiri baru berdiri sebagai sebuah bangsa pada tahun 1.500-600 sebelum masehi dan biasa disebut sebagai periode veda serta menjadikannya salah satu yang tertuadi dunia.

4. Ethiopia

Kerajaan pertama yang membuktikan Ethiopia sebagai salah-satu negara tertuadi dunia bernama D’mt yang berdiri sejak 980-400 SM.

Terdapat penelitian yang menemukan pecahan kerangka yang disebut-sebut sebagai nenek moyang manusia modern bernama Australopithecus afaresis di Ethiopia.

Hal itu membuktikan adanya peradaban di negeri tersebut. Bahkan ada yang menyebutkan jutaan tahun sebelum itu hanya saja belum memiliki kerajaan.

Manusia di era kerajaan D’mt Ethiopia sudah mulai memanfaatkan teknologi untuk memudahkan bertahan hidup, seperti teknik irigasi, alat bajak dan peralatan dari besi.

Baca juga: Negara Paling Sering Terkena Bencana Alam, Salah Satunya Indonesia

5. Yunani

Salah satu Negara Eropa yang menjadi bagian dari yang paling tua adalah Yunani, siapa yang tidak tahu Negara ini.

Era paling menonjol muncul pada salah satu negara tertua ini yakni masa Yunani Kuno yang sangat berpengaruh terhadap peradaban Eropa modern.

Periode emas ini dimulai pada tahun 800 SM, kemudian berlanjut pada era Archaic di mana orang-orang mulai mengembangkan berbagai hal.

Seni dan teknologi berkembang pesat pada masa tersebut, selain itu sejarah penting berdirinya Negara dari Yunani adalah diciptakannya Polis atau Negara-kota.

Sejauh ini, peradaban paling tua ditemukan sejak tahun 6.500 SM saat manusia mulai berhenti hidup dengan cara berpindah pindah.

Perbedaan cara hidup nomaden menjadi menetap, merupakan cikal bakal manusia mendirikan tatanan untuk mengatur hidupnya sampai terbentuk sebuah Negeri.

Nah, itulah 5 negara tertuadi dunia yang membuktikan perkembangan peradaban manusia sejak jaman dahulu hingga zaman modern seperti sekarang ini. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...