Sinopsis Film True Grit, Aksi Pencarian Atas Pembunuh Sang Ayah

Sinopsis Film True Grit
Sinopsis Film True Grit. Foto Istimewa

Sinopsis film True Grit adalah sebuah film dengan genre drama kriminal yang ditayangkan tahun 2010 di Amerika Serikat. Film ini digarap oleh sutradara ternama, yakni Etan Coen dan juga Joel Coen.

Sedang keduanya juga memproduseri film tersebut bersama Scott Rudin. Mereka juga menulis naskah film tersebut. True Grit adalah film yang diangkat dari cerita novel dengan judul yang sama dan ditulis oleh novelis Charles Portis.

Baca Juga: Sinopsis The Front Line, Cerita Perang Perebutan Wilayah Perbatasan

True Grit ini dibintangi oleh Jeff Bridges dan Matt Damon. Kemudian juga dibantu oleh beberapa bintang ternama lainnya, yakni Josh Brolin, Barry Pepper, dan Hailee Steinfield.

Sinopsis Film True Grit

Film ini berkisah tentang Mattie Ross (diperankan oleh Hailee Steinfield) yang menguburkan jenazah sang ayah di Arkansas, tepatnya di Fort Smith. Meskipun telah berhasil mengatasi kesedihannya atas terbunuhnya sang ayah, namun Mattie Ross tetap ingin mengetahui dan menghukum sang pembunuh ayahnya tersebut dengan hukuman yang setimpal.

Dalam melakukan aksinya, kemudian ia bertanya kepada seorang sherif tentang seseorang yang bernama Tom Caney (diperankan oleh Josh Brolin). Di sinopsis film True Grit ini, ia adalah orang yang diduga membunuh sang ayah sejak gadis tersebut berumur 14 tahun.

Dari sang sherif, Mattie Ross pun mendapatkan informasi tentang Tom Caney tersebut. Ia kini tengah melarikan diri dengan teman-temannya, yakni Ned “Lucky” Pepper (diperankan oleh Barry Pepper) bersama gengnya ke sebuah wilayah Indian.

Sehingga, sherif tersebut tak mempunyai wewenang untuk melakukan pencarian dan juga penyelidikan ke wilayah tersebut, disebabkan bukan merupakan wilayah teritorial sang sherif.

Dengan kondisi tersebut, maka Mattie Ross menyuruhnya untuk menghubungi Deputi Amerika Serikat. Sinopsis film True Grit menyebutkan jika sang sherif pun memberikan rekomendasi untuknya tiga orang deputi. Dari pemberian kandidat atau rekomendasi deputi tersebut, Mattie memilih seorang deputi bernama Rooster Cogburn (diperankan oleh Jeff Bridges).

Awalnya, Rooster sang deputi menolak untuk membantu Mattie karena khawatir gadis itu tak mampu untuk membayar jasanya. Sehingga, Mattie pun mencari uang dengan menjual kuda kepada kolonel Stonehill (diperankan oleh Dakin Matthews).

Pencarian Sang Pembunuh

Setelah terjadi kesepakatan, maka Mattie Ross dan juga Rooster Cogburn mulai melakukan pencarian. Di tengah melakukan penyelidikan dan juga pencarian terhadap Tom, mereka bertemu dengan seorang Texas Ranger yang bernama LaBoeuf (diperankan oleh Matt Damon).

Ia juga merupakan orang yang tengah memburu Tom atas kematian dari senator wilayah Texas. Sehingga, LaBeouf pun mempunyai ide untuk bergabung dengan Mattie dan Rooster.

Namun, dalam sinopsis film True Grit, Mattie menolak dengan ide penawaran tersebut. Dikarenakan Mattie menginginkan Tom dihukum gantung di Arkansas karena melakukan pembunuhan sang ayah, bukannya di hukum di Texas karena membunuh senator.

Baca Juga: Sinopsis Film Korea Haeundae, Usaha Menyelamatkan Diri Dari Tsunami

Mattie sungguh bersikeras dengan melakukan pencarian bersama Rooster atas Tom. Namun, Rooster justru pergi mencari Tom dengan bergabung dengan LaBoeuf tanpa Mattie. Keduanya berencana menangkap Tom Caney dan membagi dua hadiahnya.

Mattie pun akhirnya berkuda setelah terjadi penolakan menaiki kapal yang juga dinaiki oleh LaBoeuf dan Rooster. Gadis itu pun akhirnya melintasi sungai dengan berkuda. Mattie pun bersikeras untuk melakukan pencarian dan bergabung dengan mereka.

Laboeuf pun mengungkapkan rasa ketidaksukaannya dengan cara melakukan hukuman fisik pada Mattie dengan tongkat. Akan tetapi, akhirnya Rooster membiarkan gadis itu untuk ikut bersama mereka.

Di tengah pencarian tersebut, mereka mengalami perdebatan tentang hal yang berhubungan dengan konfederasi di Amerika Serikat. Sehingga dalam sinopsis film True Grit, Rooster pun mengakhiri rencana mereka dan membuat LaBoeuf pergi meninggalkan keduanya.

LaBoeuf pun berniat untuk melakukan pencarian terhadap Tom Caney sendirian. Kemudian Rooster dan Mattie melanjutkan mengejar Tom. Lalu keduanya bertemu dengan seorang dokter yang memberitahukan kepada mereka untuk berlindung di sebuah ruang yang kosong.

Kemudian mereka menemukan dua orang kriminal, yakni Moon (diperankan oleh Domhnall Gleeson) dan Emmet Quincy (diperankan oleh Paul Rae). Rooster dan Mattie pun menginterogasi keduanya.

Berhasilkah Mattie menemukan Tom dan menghukum seperti apa yang ia inginkan? Lalu mampukah mereka menemukan Tom terlebih dahulu? Ikuti selengkapnya hanya di sinopsis Film True Grit. (R10/HR-Online)