Tenaga Medis se Priatim Berlatih Gunakan PCR Portable di Pangandaran

Tenaga Medis se Priatim Berlatih Gunakan PCR Portable di Pangandaran
Petugas medis saat mengikuti pelatihan penggunaan alat PCR Portable. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Sejumlah perwakilan tenaga medis dari wilayah Priangan Timur melakukan pelatihan penggunaan alat PCR (Polymerase Chain Reaction) Portable untuk mengetes covid-19.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pangandaran, drg. Yani Marzuki, mengatakan, Gubernur Jabar telah memberikan alat tes swab ini kepada seluruh kabupaten/kota Jabar, termasuk Kabupaten Pangandaran.

Melalui PCR Portable ini, kata Yani, sehingga tiap daerah mampu mendeteksi lebih awl penyebaran corona.

Tentunya dengan hasil yang lebih akurat, begitupun dengan hasilnya yang relatif cepat.

“Bahkan, untuk ukuran 1 jam bisa mendeteksi 8 orang, sehingga hasilnya bisa langsung tahu dengan durasi singkat,” kata Yani.

Sebelum menggunakannya lebih jauh, kata Yani, petugas tenaga medis dari wilayah Priangan Timur mengikuti pelatihan dari Pemprov Jabar.

Pelatihan selama 2 hari bertempat di Puskesmas Cikangkung, Kecamatan Sidamulih, mulai hari Selasa (8/9/2020).

Tim GTPP Covid-19 Jabar bidang Pelacakan Kontak, Asep Soegih, mengatakan, peserta dalam pelatihan ini berasal dari Kota Banjar, Kab/Kota Tasikmalaya, Ciamis, Garut dan Pangandaran.

Lewat bantuan PCR Portable untuk tiap daerah ini, kata Asep, merupakan bentuk keseriusan Pemprov Jabar dalam menangani Covid-19.

Apalagi, dengan alat deteksi yang akurat ini akan mempermudah dalam penanganan pasien yang terkonfirmasi positif.

“Maka dari itu, para petugas tenaga medis yang akan pegang alat itu harus bisa memakainya supaya hasilnya benar dan akurat,” pungkasnya. (Entang/Koran HR)

Loading...