340 ASN Purna Bakti Dapat Uang Kadeudeuh dari Korpri Ciamis

340 ASN Purna Bakti Dapat Uang Kadeudeuh dari Korpri Ciamis
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya memberikan uang kadeudeuh kepada ASN purna bakti dalam upacara peringatan HUT Korpri ke 49 tingkat Kabupaten Ciamis, di Aula Setda Ciamis. Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebanyak 340 orang ASN purna bakti di Ciamis, mendapatkan uang “kadeudeuh” dari Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Ciamis, Senin (30/11/2020).

Pemberian uang kadeudeuh tersebut dilakukan dalam upacara peringatan HUT Korpri ke 49 tingkat Kabupaten Ciamis, di Aula Setda Ciamis.

Namun, kegiatan pemberian uang kadeudeuh tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Penyerahan uang tersebut diberikan secara simbolis kepada perwakilan ASN puna bakti, karena saat ini masih suasana pandemi.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, secara simbolis memberikan uang kadeudeuh tersebut bersama Ketua Korpri, Tatang.

“Tahun HUT Korpri ini, seperti biasa kita memberikan uang kadeudeuh bagi ASN Purna Bakti,” ujar Herdiat.

Selain memberikan uang “kadeudeuh”, DP Korpri juga memberikan santunan kepada hak waris ASN yang telah meninggal dunia.

“Kami berharap bagi ASN yang sudah pensiun, agar bisa ikut sumbangsih dalam bentuk tenaga dan pikirannya di tengah masyarakat, karena pengabdian itu hanya saat dinas saja,” pungkas Herdiat.

Berdasarkan keputusan Presiden nomor 82 tahun 1971 tentang Korps pegawai Republik Indonesia, Korpri lahir pada tanggal 29 November 2020 dan telah genap berusia ke-49 tahun.

Sementara itu Tatang, Ketua Korpri Kabupaten Ciamis, pemberian uang kadedeuh bagi ASN purna bakti  menjadi agenda rutin tahunan.

“Yang mendapat uang kadedeuh adalah mereka yang sudah pensiun,” katanya.

Tatang menyebut, sebanyak 340 ASN purna bakti mendapatkan uang kadeudeuh masing-masing Rp 2,5 juta.

“Sementara bagi hak waris ASN yang meninggal dunia kita berikan santunan Rp 1 juta,” ungkap Tatang. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang