Sinopsis 12 Strong, Film yang Berangkat dari Kisah Nyata Tragedi WTC

Sinopsis 12 Strong
Sinopsis 12 Strong. Foto: Ist/Net

Sinopsis 12 Strong merupakan salah satu kisah film Hollywood mengenai peristiwa teroris. Cerita dalam film ini menghadirkan beberapa bintang atau aktor populer. Seperti Chris Hemsworth, Michael Pena, Michael Shannon, dan masih banyak lagi.

Film 12 Strong ini dapat menjadi film yang menarik sebagai tontonan anda. Dengan durasi 30 menit, kisah 12 Strong ini berasal dari cerita nyata pasukan khusus Amerika Serikat. Yang mana mereka berangkat setelah peristiwa serangan 11 September 2001.

Baca Juga: Sinopsis Film Truck, Kisah Seorang Sopir Biayai Operasi Anaknya

Sinopsis 12 Strong

Kisah film 12 Strong mengikuti 12 orang tentara khusus Amerika Serikat yang berangkat ke Afghanistan beberapa hari setelah peristiwa 11 September 2001 terjadi. Peristiwa tersebut merupakan serangan teroris yang mampu menghancurkan gedung WTC (World Trade Center).

Cerita berawal ketika Kapten Mitch Nelson (Chris Hewmsworth) sedang menikmati cuti serta bermain bersama sang anak juga istrinya. Kemudian, sang putri Mitch melihat untuk pertama kali gedung pencakar langit tersebut mendapat teror melalui siaran televisi.

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 11 September tersebut membuat Mitch maju ke medan peperangan. Padahal sebelumnya ia justru meminta untuk pindah divisi, karena ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarganya lebih banyak.

Mitch dan juga tim berangkat menuju Afganistan membawa misi untuk menaklukkan Al Qaeda dan Taliban. Ia kembali bertekad bisa kembali pulang seperti apa yang telah ia janjikan untuk keluarganya.

Selain itu, sinopsis 12 Strong juga mengisahkan tentang beberapa tentara yang ada dalam pimpinan Mitch. Hal Spencer (Michael Shannon) harus rela berangkat meninggalkan keluarga, anak, dan istrinya dengan perasaan sedih yang menyelimuti anak serta istrinya.

Baca Juga: Sinopsis Stand By Me Doraemon, Kisah Kepergian Doraemon

Lalu Sam Diller (Michael Pena), hal yang sama juga menggambarkan kesedihannya. Akan tetapi, sang istri masih berusaha untuk terlihat kuat dan tegar di depan sang suami.

Keberangkatan Tim Menuju Afghanistan

Pada saat tim sampai markas militer Amerika Serikat di Uzbekistan, tim mendapatkan perintah untuk menjalin kerja sama dengan Jenderal Dostum (Navid Negahban). Ia adalah salah satu jenderal yang berasal dari Aliansi Utara.

Perintah tersebut Mitch rasakan tidak cukup mudah karena harus mengesampingkan rasa curiga agar dapat bekerja sama dengan baik. Hal tersebut juga karena pasukan mereka memiliki jumlah yang lebih sedikit daripada jumlah pasukan Al Qaeda dan Taliban.

Kemudian dalam sinopsis 12 Strong, dengan segala keterbatasan yang mereka miliki, Mitch dan juga Dostum wajib untuk menaklukkan tentara Al Qaeda serta Taliban. Yang mana lengkap dengan persenjataan canggih dan juga beberapa rudal serta tank.

Pada awal peperangan, pasukan Mitch pun mendapat bantuan udara dari militer Amerika Serikat. Akan tetapi, pada saat waktu yang genting dan memerlukan pertolongan, serangan udara tidak dapat diluncurkan.

Pasukan dari Amerika Serikat yakni Mitch yang mana jumlahnya hanya 12 orang serta pasukan jenderal Dostum yang mempunyai ratusan tentara berkuda dengan perlengkapan seadanya tersebut hanya mengandalkan keberanian. Bahkan, mereka berani untuk masuk ke dalam area perang serta membunuh secara langsung musuh-musuh mereka.

Film Populer yang Berangkat dari Kisah Nyata

Sinopsis 12 Strong merupakan film yang juga dikenal dengan judul 12 Strong: The Declassified True Story of the Horse Soldiers. Dengan mengusung genre aksi perang yang mana hasil dari arahan Nicollai Fulgsig yang juga telah rilis pada tahun 2018 silam.

Sementara itu, skenario atau naskah film adalah hasil garapan Peter Craig dan Ted tally. Lalu, kisah dalam film ini juga merupakan kisah adopsi dari sebuah buku karya Doug Stanton, yakni Horse Soldier.

Baca Juga: Sinopsis Film Insane (Come To See Me), Hadirkan Kisah Misteri

Kemudian, dalam buku tersebut menceritakan pasukan Amerika Serikat yang merupakan satuan tim khusus Angkatan Darat. Yang mana berangkat ke Afganistan setelah peristiwa teror 11 September 2001.

Lalu, sinopsis 12 Strong ini juga mampu menghibur dan juga menarik perhatian penonton dan kritikus film. Melalui situs IMDb, film 12 Strong ini memperoleh skor 6,6 dari 10 skor dengan 66.670 ulasan.

Pemeran Film

Tentu saja, 12 Strong ini menghadirkan 12 tentara khusus AS yang berjuang melawan teroris. Mereka adalah Chris Hemsworth sebagai Kapten Mitch Nelson, Michael Shannon sebagai Hal Spencer, Michael Pena sebagai Sam Diller, serta Navid Negahban sebagai Jenderal Dostum.

Selain itu, juga terdapat Trevante Rhodes sebagai Ben Milo, Geof Stults sebagai Sean Coffers, Thad Luckinbill sebagai Vern Michaels, serta Austin Hebert sebagai Pat Essex. Selain mereka, terdapat beberapa pemain pendukung yang mampu memberikan keberhasilan dalam membangun cerita sinopsis 12 Strong ini. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu