Perbaiki Tanggul Jebol, Warga Minta DPUPR Ciamis Bangun TPT

Tanggul Jebol
Warga saat memperbaiki tanggul jebol. Foto: Es/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Kedunggajah, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis melakukan gotong royong memperbaiki tanggul Sungai Leuwi Biuk yang jebol.

Kaur Kesra Desa Dewasari, Musi, mengatakan, akibat tanggul jebol tersebut membuat sebanyak 17 kolam milik warga dan areal pesawahan terendam banjir, bahkan airnya masuk ke pekarangan.

Karena kondisi jebolnya cukup parah, sehingga pihaknya pun langsung melapor ke DPUPR Ciamis guna penanganan lebih lanjut.

“Setelah ada yang ke sini dari DPUPR, lalu memberikan bantuan karung untuk menutup tanggulnya agar tidak banjir lagi,” katanya, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Sungai Leuwi Biuk Meluap, Kolam-Rumah di Dewasari Ciamis Tergenang

Dalam penutupan tanggul tersebut, warga juga memasang bambu dan menancapkannya ke dasar tanah supaya penutupnya lebih kuat.

Pazier, salah satu warga, mengatakan, sebetulnya warga sudah mengajukan ke DPUPR supaya membangun TPT. Namun nyatanya belum juga ada realisasi.

 “Padahal sejak lama jalur sungai ini kita masukan dalam musrenbang desa dan juga kecamatan, bahkan langsung ke DPUPRD Ciamis,” jelasnya.

Meski sungai tidak besar, akan tetapi kalau kejadian seperti kemarin, bisa membahayakan juga lantaran ketika air meluap saat hujan lebat bisa sebabkan bencana banjir.

Untuk itu dirinya sebagai warga meminta pemerintah Ciamis untuk segera membangun TPT. (Es/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

Aegis Boost Pro