Selain Jokowi, Ini 6 Orang Penerima Vaksin Sinovac Pertama di Indonesia

penerima vaksin sinovac pertama di Indonesia
Petugas vaksinasi mempersiapkan suntikan vaksin Sinovac untuk para penerima vaksin. Foto: Sekretariat Presiden

Vaksinasi Covid-19 gratis di Indonesia dimulai hari ini, Rabu (13/1/2021). Presiden Jokowi jadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac di Indonesia. Namun, vaksinasi hari ini tidak hanya diikuti Jokowi, terdapat 6 orang penerima vaksin Sinovac pertama di Indonesia.

Mereka yang mendapat suntikan vaksin Sinovac hari ini adalah Ketua Umum PB IDI, Daeng Mohammad Faqih, dan Sekjen MUI yang juga mewakili Muhammadiyah, Amirsyah Tambunan. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Sinovac Pertama di Indonesia

Selanjutnya dari NU ada Rois Syuriah PBNU, Ahmad Ngisomudin yang juga ikut divaksin hari ini. Lalu Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, dan terakhir ada Raffi Ahmad yang ikut divaksin sebagai perwakilan milenial.

Profil Penerima Vaksin Sinovac Pertama di Indonesia

Daeng Mohammad Faqih, Ketua Umum PB IDI, yang ikut disuntik vaksin hari ini merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Ia juga aktif di Badan Rumah Sakit Indonesia 2014-2017. Daeng juga pernah tergabung dalam Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pusat serta Dewan Pembina Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Sementara itu, Amirsyah Tambunan, Sekjen MUI yang juga mewakili Muhammadiyah juga merupakan Ketua Majelis Wakaf dan Kehartabendaan PP Muhammadiyah 2015-2020. Ia juga menjabat sebagai Wakil Sekjen MUI pada 2010-2015 silam.

Baca Juga: Efikasi Vaksin Sinovac di Indonesia 65,3 Persen, Ampuh Cegah Covid-19?

Selanjutnya Ahmad Ngisomudin yang juga menerima vaksin Sinovac hari ini adalah perwakilan dari NU. Ahmad Ngisomudin selain Rois  Syuriah PBNU, juga aktif sebagai dosen UIN Raden Intan Lampung.

Selain itu yang menarik perhatian adalah Raffi Ahmad, seorang artis dan publik figur yang merupakan perwakilan dari kalangan milenial.

Program Vaksinasi Covid-19 Gratis di Indonesia

Dalam program vaksinasi Covid-19 gratis di Indonesia, prinsip kehati-hatian dijalankan oleh Pemerintah. Sebelum izin penggunaan darurat dari BPOM dan fatwa halal MUI keluar, pemerintah tidak menjalankan vaksinasi.

Saat ini izin penggunaan darurat dari BPOM dan fatwa halal MUI sudah dikantongi vaksin Sinovac. Sehingga program vaksinasi Covid-19 pun dijalankan oleh Pemerintah.

Presiden Jokowi dan 6 orang penerima vaksin Sinovac pertama di Indonesia juga terlebih dahulu diperhatikan kondisi kesehatannya. Hal ini untuk memastikan keamanan dan keselamatan para penerima vaksin Sinovac. (Ndu/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

Aegis Boost Pro