Toilet Adolf Hitler Dilelang Rp 254 Juta, Ini Keistimewaannya

Toilet Adolf Hitler dilelang Rp 254 juta, salah satu peninggalan Perang Dunia II terbaik. Foto: Net/Ist.
Toilet Adolf Hitler dilelang Rp 254 juta, salah satu peninggalan Perang Dunia II terbaik. Foto: Net/Ist.

Toilet Adolf Hitler dilelang dengan perkiraan harga sekitar 15.000 Euro atau setara Rp 254 juta. Dudukan toilet yang berwarna putih itu telah terdaftar sebagai barang lelangan Alexander Historical Auctions.

Biasanya barang karya seni yang bernilai sejarah selalu menarik kolektor dan pemilik barang tersebut akan menawarkan kepada kolektor melalui lelang.

Barang-barang karya seni bernilai tinggi itu seperti lukisan hasil karya maestro yang usianya sudah seabad lebih. Kemudian, benda-benda pusaka atau permata langka peninggalan kerajaan yang telah lama hilang.

Bukan hanya itu, penawaran harga jual untuk barang yang memiliki artefak sejarah juga selalu melalui lelang. Bahkan, benda sederhana saja seperti perangko, selembar gaun, atau pemantik api bisa membuat nilai barang tersebut menjadi tinggi.

Maka tidak heran jika penawaran harganya pun hingga jutaan dolar. Terlebih barang tersebut ada kaitannya dengan sejarah tokoh terkenal. Seperti halnya dudukan toilet berwarna putih milik Adolf Hitler.

Baca Juga : Gedung Sate Berusia 100 Tahun, Salah Satu Simbol Perjuangan

Dudukan Toilet Adolf Hitler Dilelang

Belum lama ini sebuah dudukan toilet milik Adolf Hitler dilelang. Benda tersebut telah terdaftar dalam jadwal pelelangan Alexander Historical Auctions.

Perkiraan harga jual akhir dalam pelelangan benda berupa dudukan toilet milik Adolf Hitler itu sekitar 15.000 Euro, setara dengan Rp 254 juta.

Toilet tersebut menjadi istimewa karena milik Adolf Hitler, mantan pimpinan partai Nazi serta fuhrer Jerman. Hitler memegang peranan sangat penting dalam peristiwa sejarah Perang Dunia II.

Rampasan dari Markas Kedua Hitler

Dudukan toilet Adolf Hitler dilelang. Berdasarkan keterangan yang dari laman The Sun, awalnya seorang tentara AS (Amerika Serikat) merampas toilet berwarna putih milik Hitler.

Tentara AS bernama Sersan Ragnvald Borch itu merampas dari dalam kamar mandi pribadinya Hitler yang ada di rumah peristirahatan yang juga kantor pemerintahan keduanya. Lokasinya di Pegunungan Alpen, tepatnya Berghof, Jerman.

Kala itu Sersan Ragnvald Borch menjarah toilet Hitler karena perwira senior atau atasannya menyuruh pasukan mengambil apapun properti milik Adolf Hitler.

Baca Juga : Hari Korps Wanita Angkatan Laut, Sejarahnya dari Pembentukan BKR

Sersan Borch sendiri adalah salah satu tentara Amerika Serikat pertama yang mendapat tugas di lokasi tersebut. Hal itu karena Borch fasih berbahasa Perancis dan Jerman. Ia dikirim ke lokasi itu untuk melakukan kerjasama dengan Brigade, yakni lapis baja ke-2 Prancis.

Setelah mengalami kerusakan parah akibat pengeboman tentara sekutu jelang akhir PD (Perang Dunia) II, Borch menjarah semua properti yang ada dalam rumah Adolf Hitler. Adapun benda yang ia ambil salah satunya dudukan toilet terbuat dari kayu yang ada dalam kamar mandi pribadi Hitler.

Borch mengaku mengambil benda berupa toilet tersebut hanya untuk kenang-kenangan. Sedangkan, Adolf Hitler sebagai pemiliknya meninggal dunia tahun 1945, tidak lama setelah PD II berakhir.

Salah Satu Peninggalan Perang Dunia II Terbaik

Dudukan toilet Adolf Hitler dilelang dengan harga fantastis. Bill Panagopoulos dari rumah lelang Alexander Auctions menjelaskan, dudukan toilet itu memiliki lebar 40,64 sentimeter. Benda tersebut menjadi salah satu barang peninggalan Perang Dunia ke II yang kondisinya paling baik.

Bill juga mengatakan, orang mungkin tidak dapat membayangkan apa strategi yang ada dalam kepala Adolf Hitler, ketika merenungkan dunia ini dari atas toilet.

Baca Juga : Sejarah Perkawinan di Jawa dan Kisah Menarik Pada Masa Kolonial

Barang tersebut, lanjut Bill, termasuk salah satu dari sejumlah peninggalan perang dunia II yang menjadi rebutan dalam pelelangan di Chesapeake City Maryland, Amerika Serikat.

Sedangkan, barang lainnya yang termasuk langka adalah cangkir, sisir rambut, serta empat helai rambut Adolf Hitler yang langka.

Memorabilia Eva Braun Juga Masuk Daftar Lelangan

Dudukan toilet Adolf Hitler dilelang mencetak rekor tertinggi. Sedangkan, penutup dudukan toilet milik Bill Wyman, personil band Rolling Stone, menjadi rekor sebagai furniture termahal.

Uang sebesar 850 Euro atau sekitar Rp 14 juta telah terbayarkan pada tahun lalu. Uang sebanyak itu untuk menutup lagi dudukan toilet pada tahun 1975.

Selain toilet yang pernah Adolf Hitler pakai, celana dalam istrinya, yaitu Eva Braun, juga masuk sebagai barang lelangan. Pakaian dalam itu berhiaskan renda bunga, ada tulisan inisial nama Eva Braun.

Adolf Hitler menikahi perempuan tersebut hanya berselang beberapa jam saja sebelum kematiannya. Selain itu, ada pula gaun tidur berwarna pink serta sepasang stoking. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah