Yanto Tampan Meninggal Dunia Karena Sirosis Hati, Ini Kronologinya!

Yanto Tampan Meninggal Dunia
Ilustrasi Yanto Tampan Meninggal Dunia. Foto: correcto

Yanto Tampan meninggal dunia pada hari Jumat, 26 Februari 2021 pukul 8 pagi. Aktor sekaligus komedian tersebut menghembuskan nafas terakhir dalam kediamannya, Citayam, Bogor. Sementara itu, telah lama diketahui jika Yanto Tampan menderita penyakit liver.

Sepanjang satu tahun ke belakang, pesinetron tersebut sering menjalani pengobatan ke rumah sakit dan tak jarang mendapat perawatan. Kini, pesinetron kawakan sekaligus pelawak tersebut disemayamkan di Jl. Susukan, Parakan Jati, Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Fakta Selebgram Wardah Maulina, Istri Natta yang Bersedia Dipoligami

Kronologi Yanto Tampan Meninggal Dunia

Pelawak asal Jawa Barat tersebut meninggal karena penyakit sirosis hati. Nurjannah sebagai sang istri mengisahkan jika sang pelawak dan pesinetron senior ini telah meninggal pada hari Jumat kemarin tanggal 26 Februari 2021.

“Meninggalnya tadi jam 7.35 WIB. Sakitnya itu sirosis hati sejak tahun 2018. Yang pertama liver. Jadi, dari penyakit livernya itu ada pembuluh darahnya yang varises,” ucap Nurjanah mengisahkan.

Kondisi almarhum yang telah lama bolak-balik ke rumah sakit untuk perawatan, memang merasakan sakit belakangan ini. Terakhir kali sebelum meninggal dunia, pesinetron senior Yanto Tampan ini mendapat perawatan dalam Rumah Sakit Gatot Subroto.

“Sejak satu tahun ini kita tuh bolak-balik Rumah Sakit Thamrin sama Rumah Sakit Gatot Subroto. Terakhirnya, rumah sakit Gatot Subroto dirawatnya,” ungkap Nurjannah.

Akhirnya, pesinetron tersebut mulai bisa menjalani perawatan dari rumah. Lalu sejak pada tanggal 14 Februari 2021 lalu, kondisi kesehatannya terus menurun serta koma dan sekarang Yanto Tampan meninggal dunia.

“Ia ngedrop, kondisinya koma, sudah enggak sadar sama sekali. Mulai ngedrop tanggal 14 kemarin, Senin sore. Lalu ngedrop lagi sampai sekarang sudah nggak ada. Jadi, udah nggak sadar sejak tanggal itu,” ucap Nurjannah.

Selanjutnya, sang istri, Nurjannah juga mengisahkan bagaimana suaminya tersebut meninggal dunia. “Yanto Tampan meninggal di rumah dan di hadapan saya. Saya bimbing sampai ia gak ada, sampai jalan,” ucap Nurjannah mengenang detik-detik Yanto Tampan meninggal dunia.

Setelah kepergiannya, Yanto meninggalkan empat orang anak beserta seorang istri. Selain itu, ia juga telah memiliki tujuh orang cucu.

Selanjutnya, jenazah akan dimakamkan hari ini di tempat pemakaman umum Layur setelah disemayamkan di rumahnya, Citayam, Bogor.

Baca Juga: Sinopsis Kisah Untuk Geri, Lika-Liku Cinta Segita Masa SMA

Ucapan Duka dari Sahabat Terdekat

Sepeninggal Yanto Tampan ke sisi Sang Pencipta, menjadikan rasa kehilangan dan duka cita dari kerabat serta kawan dekat. Salah satunya adalah pelawak kondang Narji.

Ia mengucapkan rasa belasungkawanya melalui media Instagram dan membubuhkan sebuah foto. Ia juga menulis caption atas meninggal dunianya Yanto Tampan.

“Innalillahi, selamat jalan sahabatku, Yanto Tampan. Semoga Allah menerima segala amal ibadahnya,” tulis Narji untuk caption foto.

Selanjutnya, Narji pun mengungkapkan jika ia mewakili organisasi PASKI (Persatuan Seniman Komedi Indonesia) untuk cabang Banten menyampaikan rasa duka citanya saat Yanto Tampan meninggal dunia.

“Kami segenap anggota dan pengurus PASKI Banten, ikut merasakan bela sungkawa sedalam-dalamnya dengan meninggalnya almarhum Yanto Tampan,” tulis Narji melanjutkan.

Selain Narji, juga terdapat Agus Salim yang merupakan sahabat almarhum. Ia pun ikut mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Yanto Tampan.

Ia juga mengungkapkan jika sahabatnya tersebut meninggal sebab komplikasi berbagai penyakit. Agus Salim juga mengatakan jika Yanto Tampan telah menjalani perawatan lama oleh rumah sakit.

“Komplikasinya ada gula, ada juga ginjal. Beberapa bulan yang lalu ia sudah pernah masuk ke rumah sakit,” ucap Agus Salim kepada awak media.

Baca Juga: Sophia Latjuba dan Abdee Slank Jadi Sorotan, Ada Hubungan Spesial?

Profil Yanto Tampan

Yanto Tampan adalah seorang pesinetron dan komedian senior asal Indonesia sebelum meninggal dunia. Ia memiliki darah keturunan Betawi dan juga terkenal sebagai salah satu anggota PASKI.

Namun setelah ia ikut membintangi sinetron Ramadhan bersama dengan Dedi Mizwar, Para Pencari Tuhan, nama Yanto Tampan menjadi lebih terkenal.

Dalam kehidupannya setiap hari, Yanto Tampan menghadirkan karakter yang konyol dan religius. Hal tersebut dapat terlihat saat setiap komedinya ia selalu menyiratkan pesan-pesan moral untuk para pemirsanya.

Lalu Yanto Tampan juga terkenal sebagai aktor yang sering memainkan peran dalam sejumlah sinetron religi. Selain bergabung dalam Para Pencari Tuhan sejak tahun 2007, karakter bang Acip ini juga bermain dalam sinetron Kiamat Sudah Dekat.

Tak hanya itu saja, Yanto Tampan sebelum meninggal dunia, juga membintangi sinetron Pesantren Rock and Roll Reborn dan Entong Santri Cilik. Selanjutnya, ia juga kerap hadir mengisi karakter dalam beberapa FTV dan menjadi bintang tamu off air untuk acara-acara Betawi.