Jumat Keliling di Purwadadi, Bupati Ciamis Serahkan Bantuan Rp 50 Juta

Jumat Keliling Bupati Ciamis
Pengurus DKM Masjid Jami Al Mujahidin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis sumringah mendapat bantuan Rp 50 juta dari Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Selama Ramadan, selain melaksanakan Tarling (Taraweh Keliling) ke sejumlah masjid, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya juga melaksanakan Jumat Keliling (Jumling). Setiap hari Jumat, Herdiat akan melaksanakan salat Jumat di masjid yang berbeda di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Seperti pada hari ini, Jumat (7/5/2021), Herdiat mengikuti salat Jumat di Masjid Jami Al Mujahidin, Blok Ampah Talang Banteng, RT 20, RW 02, Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis.

Sebelum menunaikan salat Jumat di Masjid Jami Al Mujahidin, Herdiat mengunjungi Pasar Manganti Purwadadi untuk melakukan monitoring pasar.

Setelah mengunjungi Pasar Manganti, Herdiat menuju Masjid Jami Al Mujahidin untuk melaksanakan salat Jumat.

Dalam rangka kegiatan Jumat Keliling, Bupati Ciamis ini memang sengaja datang langsung untuk menunaikan salat Jumat di Purwadadi. tanpa protokoler yang ketat, bahkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak DKM Masjid Jami Al Mujahidin.

Hal tersebut untuk mengantisipasi membludaknya jamaah sehingga dikhawatirkan terjadi kerumunan. Terlebih saat ini masih pandemi Covid-19. Kedatangan Herdiat yang tiba-tiba tersebut membuat jamaah datang seperti biasanya sehingga prokes pun tetap bisa dilaksanakan.

 Herdiat menyampaikan kepada para jamaah agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, kepada para perantau Herdiat mengimbau agar tidak mudik dulu.

“Terapkan prokes pada setiap aktivitas. Tetap gunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan, dan batasi mobilitas. Ini penting untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujar Herdiat.

“Jika pada tahun-tahun sebelumnya sudah biasa mudik saat lebaran, tahun ini harap bersabar, jangan mudik dulu. Ini upaya kita, ikhtiar kita untuk memutus penularan Covid-19,” imbuhnya. 

Usai salat Jumat, Herdiat menyampaikan bantuan CSR Rp 50 juta kepada DKM Masjid Jami Al Mujahidin. Bantuan tersebut untuk sarana prasarana masjid dan kegiatan keagamaan.

Selain itu, Herdiat juga membagikan bantuan berupa 100 paket sembako untuk para jamaah dan warga sekitar masjid. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu