HP Samsung Galaxy S22, 200 MP Olympus Camera

HP Samsung Galaxy S22, 200 MP Olympus Camera
Ilustrasi HP Samsung Galaxy S22. Foto: Ist/Net

HP Samsung Galaxy S22 dikabarkan menawarkan sejumlah peningkatan pada sektor kamera daripada seri pendahulunya. Kemudian pada kamera selfie berada di bawah layar. Namun berdasarkan rumor yang datang langsung dari Korea Selatan, Samsung akan mengemas kamera di bawah layar.

Bocoran Spesifikasi HP Samsung Galaxy S22

Belum ada info resmi dari Samsung mengenai kebocoran, rumor, dan berita smartphone terbarunya ini. Bahkan peluncurannya  belum terlacak secara detail mengenai tanggal rilis, kemungkinan pada awal 2022. Samsung banyak meningkatkan performa untuk jajaran flagship Galaxy S berikutnya. 

Berdasarkan berita yang telah bocor, ponsel Samsung ini menggunakan lensa 200 MP dan kamera selfie di bawah layar. Diharapkan terdapat peningkatan pada zoom optik berkelanjutan. Pasalnya, sebagian besar HP harus memakai zoom digital atau hibrida untuk rentang zoom menengah.

Tampilan Bodi dan Layar

Pada bodi bagian depan, tampak HP Samsung Galaxy S22 menggunakan desain layar bezel-less. Lalu terlihat pada layar tidak ada modul yang biasanya menampung kamera selfie. 

Baca Juga : Kelebihan HP Samsung Galaxy M62, Bawa Baterai Terbesar di Kelasnya

Bingkai atasnya juga tidak ada modul kamera pop-up. Kemungkinan Galaxy S22 akan mempunyai kamera depan yang terbenam di bawah layar permukaan. Pada bingkai, terdapat beberapa lubang dan tombol yang ada di sekeliling. Mempunyai warna putih dengan bahan aluminium.

Diantaranya ada tombol volume, power, lubang mikrofon, speaker, laci kartu SIM, dan port USB type-C. Namun tampaknya ponsel ini tidak membekali audio jack 3,5 mm. 

Performa Lebih Handal

Sumber menambahkan jika HP Samsung Galaxy S22 memakai chipset Exynos. Lalu akan memasangkannya dengan GPU AMD. Kemitraan AMD ini telah mendapat konfirmasi. Seperti yang telah kita ketahui, GPU mempunyai kemampuan ray tracing dan variable rate shading ke chipset.

Kamera 200 MP

Samsung akan menerapkan kamera di bawah layar pada model Galaxy Note 2022 dan Z Fold3 tahun ini. Kemudian untuk opsi terakhir menggunakan kamera belakang untuk menangkap selfie. Sehingga kualitas kamera bawah layar tidak lebih rendah. 

Baca Juga : HP Samsung Galaxy M22 Muncul di Geekbench dengan Helio G80

Namun, menurut rumor, hal tersebut masih menjadi masalah besar. Lalu memungkinkan Samsung untuk memberikan tampilan tanpa gangguan. 

Kini, vendor smartphone banyak melakukan kerjasama dengan perusahaan kamera ternama. Sehingga kualitas kamera pada perangkat baru mengalami banyak peningkatan.

Termasuk diantaranya pada HP Samsung Galaxy S22. Samsung sepertinya menggandeng perusahaan ternama dari Jepang, Olympus untuk perangkat flagship terbarunya.  

Hal tersebut terbukti dalam sejumlah render 3D situs LetsGoDigital oleh desainer ponsel Technizo Concept. Dari salah satu gambar tampak HP Samsung Galaxy S22 versi Ultra. 

Pada modul kamera belakang tertulis 200 MP Olympus Camera. Fungsi dari kamera ini untuk visual dengan cahaya yang optimal. 

Sebelumnya, Samsung terus melakukan upaya pengembangan kamera dengan resolusi lebih besar. Seperti pada seri pendahulunya Galaxy S21 dengan lensa kamera 108 MP. 

Modul kamera ini berbentuk persegi, kemudian pada sudutnya agak membulat. Terletak pada bagian pojok kiri atas bodi belakang ponsel. Di samping modul, terdapat sejumlah kamera dan LED Flash. 

Baca Juga : HP Samsung Galaxy Z Roll, Smartphone Pertama dengan Layar Gulung

Tambahan aksesori lain berupa S-Pen yang terletak di bagian belakang perangkat. Hal tersebut mengisyaratkan ponsel ini menggunakan pena digital khas Samsung untuk mengoperasikannya. 

Harga dan Ketersediaan

Informasi tentang tanggal perilisan HP Samsung Galaxy S22 belum banyak yang tahu. Banyak harapan Samsung akan mengikuti jadwal yang sama dengan rencana 2021.

Di mana perusahaan akan menarik peluncurannya daripada tahun sebelumnya, kemudian mengungkap secara detail pada pertengahan Januari.

Dengan demikian, apakah seri Samsung Galaxy S22 akan memutuskan kembali rilis seperti biasa pada bulan Februari atau Maret 2022. Tapi banyak kemungkinan perusahaan dapat memajukan peluncuran dan mengumumkan handset lebih awal.

Sangat mungkin Samsung lebih awal, karena sepertinya tidak akan ada Samsung Galaxy Note 21. Dalam artian akan ada kesenjangan besar antara kelas flagship Samsung mainstream. 

Begitu pula dengan kisaran harga, belum ada info resmi. Namun dapat diperkirakan harganya sama dengan kisaran Galaxy S21. Samsung Galaxy S21 mempunyai banderol harga mulai $ 799, S21 Plus  999 dan S21 Ultra $ 1.199.

HP Samsung Galaxy S22 kemungkinan akan menjadi ponsel andalan utama berikutnya. Kita tunggu saja info lebih banyak mengenai ponsel terbaru dari Samsung ini. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah